Jawabanmu

2014-09-12T19:16:32+07:00
A. ALAT DAN BAHANB. 1 ALAT1.  Baskom2.  Saringan3.  Dandang4.  Kipas Angin /Kipas5.  Sotel kayu6.  Tampah7.  Kompor8.  Peralatan lain yang diperlukanB. 2 BAHAN1. Kacang kedelai2. Ragi tempe (inokulum RAPRIMA) atau biakan murni Rhizopus sp.3. Kantong plastik, atau daun pisang, atau daun jati.B. CARA KERJACucilah tampah, ayakan, kipas dan cukil yang akan digunakan, kemudian dikeringkan.Bersihkan kacang kedelai dari bahan-bahan lain yang tercampur, kemudian cuci hingga bersih.Rendam kacang kedelai yang telah dicuci bersih selama 12-18 jam dengan air dingin biasa (proses hidrasi agar biji kedelai menyerap air sebanyak mungkin ).Lepaskan kulit biji kedelai yang telah lunak, kemudian cuci atau bilas dengan menggunakan air bersih.Kukus / rebus biji kedelai tersebut sampai empuk.Setelah biji kedelai terasa empuk, tuangkan biji-biji tersebut pada tampah yang telah dibersihkan, lalu diangin-angin dengan kipas/ kipas angin sambil diaduk-aduk hingga biji-biji tersebut terasa hangat.Taburkan ragi tempe (RAPRIMA) yang telah disiapkan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk supaya merata (1,5 gram ragi tempe untuk 2 kg kedelai). 8. Siapkan kantong plastik atau daun pisang, atau daun jati untuk pembungkus.  Bila kantong plastik yang digunakan sebagai pembungkus, berilah lubang-lubang kecil pada kantong tersebut dengan menggunakan lidi atau garpu.Masukan kedelai yang telah diberi ragi tempe (RAPRIMA) ke dalam pembungkusnya, atur ketebalannya sesuai dengan seleraProses fermentasi kacang kedelai ini pada suhu kamar selama satu atau dua hari atau hingga seluruh permukaan kacang kedelai tertutupi jamur.Catatan:1.Perhatikan kebersihan tempat kerja dan kebersihan peralatan kerja akan meningkatkan kualitas tempe yang dihasilkan.2. Suhu ruang yang lebih hangat mempercepat proses fermentasi jamur pada tempe.


2014-09-12T19:16:56+07:00

Bahan Pembuatan Tempe:
1. Kedelai Putih 5 Kg
2. Bibit tempe/Ragi Tempe 5gr
3. Air bersih

Alat-alat Pembuatan Tempe:
1. Panci
2. Kompor
3. Tampah 2 buah
4. Ember Plastik
5. Plastik Pembungkus
6. Kertas dan daun pisang

Proses Pembuatan Tempe Kedelai :
-    Siapkan Alat dan Bahan
-    Pilih kedelai untuk mendapatkan kedelai terbaik dengan cara dipilah dan membuang yang jelek.
<span class="_wysihtml5-temp-placeholder"></span>-    Bersihkan/cuci kedelai dengan air bersih
-    Rebus kedelai yang telah dicuci kedalam air selama 30 menit, angkat dan dinginkan. Biarkan kedelai masih dalam tempat dan air rebusannya.
-    Tambahkan 10ml asam laktat/liter air perebus (untuk memperoleh pH=5) selama 12 jam untuk mendapatkan kualitas tempe terbaik.
-    Cuci dan buang kulit kedelai dan rebus kembali dengan air bersih selama 90 menit, angkat dan tiriskan
-    Setelah ditiriskan dan dingin sempurna, tambahkan ragi tempe dan aduk hati-hati secara merata.
-    Bungkus kedelai dengan plastik transparan atau dengan kertas dan daun pisang. Jika menggunakan plastik, tusuk plastik dengan lidi secara merata untuk ventilasi saat fermentasi.
-    Simpan selama 23-30 jam sampai peragian berjalan sempurna.
-    Tempe siap diolah atau dipasarkan.


1 5 1