Jawabanmu

2014-09-12T18:39:05+07:00
Hukum newton 1. menyatakan bahwa setiap benda akan diam atau bergerak dengan kecepatan konstan jika resultan gaya yang bekerja pada benda itu nol. ∑F=0. 
contoh hukum newton ini tidak pernah ada di alam semesta, sebab pada faktanya tidak ada benda yang tidak dipengaruhi oleh gaya luar, atau biasa dikenal∑F=0. misalnya sebuah benda yang menggelinding lama-lama dia akan diam, sebab dipengaruhi oleh gaya gesek dan gaya grafitasi. menurut hukum newton di atas, benda tersebut akan terus bergerak dengan kecepatan konstan (tetap) jika tidak ada gaya eksternal yang mempengaruhinya. namun fakta tsb tidak pernah terjadi di alam. 

hukum newton 2. menyatakan bahwa gaya yang bekerja pada suatu benda tidak lain adalah laju perubahan momentum benda tsb. F= dp/dt=d/dt (mv)=m dv/dt=ma. 
contoh: mobil melaju dengan kecepatan yang bertambah, seseorang menarik gerobak dengan kecepatan bertambah. contoh yang lain cari sendiri deh, yang penting syaratnya kecepatan benda tersebut jangan tetap, sebab jika kecepatannya tetap itu berarti benda tidak memiliki percepatan, jika tidak memiliki percepatan (a=0), maka gaya yang bekerja nol (F=0). dengan begitu tidak sesuai dengan rumus hukum ke dua donkk. sebab dari rumus di atas meminta bahwa gaya yang bekerja pada benda tidak boleh nol (F=ma). 

hukum newton 3, menyatakan bahwa jika ada gaya aksi, maka akan ada gaya reaksi yang besarnya sama dengan gaya aksi, namun arahnya berlawanan dengan gaya aksi tsb. 
contoh: jika kamu mendorong meja yang dengan gaya 200 newton, maka meja tersebut juga akan mendorong kamu dengan besar gaya yang sama.

semoga dapat membantu
2 5 2