Jawabanmu

2014-09-12T17:34:17+07:00
SULAWESI SELATAN

1. A. Jenis Musik : Passuling
B. Ciri-ciri  :    Biasanya dilantunkan pada acara pedukaan.                                                                  Biasanya diiringi dengan alat musik suling dari toraja          (suling lembang) dan biasanya dimainkan oleh pria.
C. Instrumen yang digunakan  : Suling Lembang
D. Fungsi    : Biasanya digunakan untuk mengiringi lantunan lagu duka (pa’marakka) dalam menyambut keluarga atau kerabat yang menyatakan dukacitanya.    Atau dapat juga dimainkan di luar acara kedukaan, bahkan boleh dimainkan untuk menghibur diri dalam keluarga pedesaan sambil menunggu padi menguning.
2. A. Jenis Musik : Paggambusu (musik gambus)
B. Ciri-ciri     :  Musik ini biasa dijumpai pada acara pernikahan.   Musik  gambus identik dengan musik islami karena nuansa musiknya terasa lembut dan bernada dasar religi.    Musik  gambus sudah jarang ditemukan,khususnya didaerah kabupaten Pangkep karena umumnya masyarakat modern kini lebih dominan menyukai musik-musik modern,seperti:elekton,orkes,band pop dll.   Kesenian musik ini lebih mengutamakan alat musik gambusnya daripada instrument pendukung yang lain.sehingga,apabila didengar dari jarak jauh hanya gambusnya yang terdengar.
C. Instrumen yang digunakan    :    Gambus,   Rebana,   Kerinci,   Suling bambu
D. Fungsi              :  Sebagai sarana hiburan untuk masyarakat agar    kelestarianya tetap terjaga. Dahulunya musik ini        berfungsikan untuk menghibur para keluarga Karaeng       yang dimainkan oleh para budak.namun,sekarang          semua orang bisa menikmati musik ini.
3. A. Jenis Musik       : Musik Sinrilik B. Ciri-ciri             :    Berupa sastra Makassar yang berbentuk prosa yang cara penyampaiannya dilagukan secara berirama baik dengan menggunakan alat musik maupun tanpa menggunakan alat musik.  Biasanya diiringi dengan alat musik tradisonal Makassar seperti alat musik Kesok-kesok (alat musik sejenis rebab).Musik Sinrilik biasanya berisi pesan atau nasehat, kisah perjuangan.                                                                                              Musik Sinrilik ini juga dapat dijadikan sebagai musik penghibur bagi komunitas yang telah ditinggalkan oleh kerabat atau keluarganya.
C. Instrumen yang digunakan    :    Gendang,    Kesok – Kesok (Rebab)
D. Fungsi          :    Biasanya digunakan pada acara kematian atau kedukaan.                                                                                      Dapat pula dijadikan sebagai hiburan bagi orang yang ditinggalkan.
4. A. Jenis Musik        : Pakkacaping (I) B. Ciri-ciri               :   Menggunakan alat musik kecapi sebagai alat musik yang utama. Kesenian musik ini biasa dijumpai pada upacara adat kekaraengan,acara-acara resmi dan acara pernikahan.  Musik kecapi ini biasanya diikuti oleh satu atau dua orang penyanyi yang berbalas pantun melalui nyanyian dengan cara mengikuti syair musiknya .  Meskipun musik ini mempunyai penyanyi namun kesenian musik ini lebih mengutamakan syair alat musik kecapinya.  Dalam hal ini,penyanyi hanya berperan sebagai pelengkap irama agar musik ini terasa merdu didengar dan lebih hidup. C. Instrumen yang digunakan    :    Kecapi         Instrumen pelengkapnya      : Kerinci,  Gendang,  Rebab dan Suling bambu
D. Fungsi                 : Untuk melestarikan kebudayaan masyarakat sulawesi selatan. Sebagai sarana hiburan masyarakat agar kelestarianya tetap terjaga.

5. A. Jenis Musik         : Pakkacaping (II) B. Ciri-ciri                :   Kesenian musik ini biasa dijumpai pada acara pernikahan khusus untuk keturunan berdarah biru atau keturunan Karaeng,Andi atau Daeng.  Musik ini biasa dijumpai pada upacara adat kekaraengan dan acara-acara resmi lainya seperti penyambutan tamu terhormat.  Musik ini juga tidak sembarangan orang bisa mempergelarkannya hanya orang-orang yang berketurunan darah biru yang bisa mempergelarkannya.Musik ini juga bisa dipergelarkan apabila sangat perlu ,tapi jika acara tersebut tidak harus membutuhkan musik penpangganrang, maka musik ini tidak boleh sama sekali dipertunjukkan.
C. Instrumen yang digunakan: Gendang, Gong, Suling bambu, Gambang,       Pui-pui (semacam terompet)