Jawabanmu

2014-09-12T17:24:08+07:00
Piagam Jakarta lebih awal dibuat daripada UU yaitu pada tanggal 22 Juni 1945.

Di dalam UUD 1945 dan naskah Piagam Jakarta antara keduanya terdapat
persamaan dan perbedaan.

Perbandingan dalam rumusan pancasila dalam piagam jakarta dan pembukaan uud 1945 dilihat dari sudut persamaannya terletak pada alinea pembukaan yang keduanya sama-sama
menjelaskan tentang kemerdekaan suatu Negara.

Sedangkan perbedaannya terdapat pada alinea terakhir pada naskah Piagam Jakarta yang menyatakan bahwa “susunan Negara Republik
Indonesia, yang berkedaulatan rakyat, dengan berdasar pada: Ketuhanan, dengan menjalankan syari’at islam bsgi pemeluk-pemeluknya”. Inilah yang menimbulkan berbagai konflik antar pemeluk agama terutama non islam yang tidak menyetujui keharusan menjalankan syariat islam yang di anggap tidak menghargai agama lain. Sampai pada akhirnya di amandemem dalam UUD 1945 yang diganti dengan bunyi Pancasila sila pertama: 'Ketuhanan yang Maha Esa'
1 3 1
Jawaban paling cerdas!
2014-09-12T17:25:41+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Perbedaannya adalah terletak pada sila ke - 1 :
dalam piagam jakarta disebutkan bahwa sila ke- 1 berbunyi : ketuhanan dengan menjalankan syariat islam bagi pemeluknya, namun di Indonesia terdapat beraneka ragam agama , sehingga Sila pertama pada piagam jakarta diubah menjadi " Ketuhanan yang maha Esa ", Semoga membantu :D