Jawabanmu

2014-03-03T12:38:55+07:00
     proses terjadinya letusan gunung sinabung berawal dari magma yang mengalami tekanan dan menjadi lebih renggagng di bandingkan lapisan dibawah kerak sehingga secara bertahap magma bergerak naik. magma ini sering kli mncapai celah atw rtakan yg trdapat pda krak. banyak gas d haslkan & pda akhrnya tekanan yg trbntuk sedmikian bsar shingga menyebabkan suatu ltusn permukaan
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-03-03T12:52:36+07:00
Gunung Sinabung adalah salah satu gunung api di Dataran Tinggi Karo,Kabupaten Karo,Sumatra Utara Indonesia.Gunung ini menjadi pusat tertinggi di Provinsi ini.Ketinggiannya mencapai 2.460 meter.Gunung ini tidak pernah tercatat meletus sejak tahun 1600,tetapi aktif meletus kembali pada tahun 2010.

Pada 27 Agustus tahun 2010, gunung ini mengeluarkan asap dan abu vulkanis.Dan pada tanggal 29,gunung ini mengeluarkan lava.Sebagian Kota Medan  juga terselimuti abu dari Gunung Sinabung.Satu orang meninggal dunia karena terkena penyakit pernapasan ketika ingin mengungsi dari rumahnya.

Pada tanggal 3 September, terjadi 2 letusan. Letusan pertama terjadi sekitar pukul 04.45 WIB sedangkan letusan kedua terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Letusan pertama menyemburkan debu vuklkanis setinggi 3 kilometer. Letuasn kedua terjadi bersamaan dengan gempa bumi vulkanis yang dapat terasa hingga 25 kilometer di sekitar gunung ini.Letusan kedua merupakan letusan terbesar semenjak tahun 2010.

Pada tahun 2013, Gunung Sinabung meletus lagi, sampai 18 September 2013,  terjadi 4 kali letusan. Letusan pertama terjadi ada tanggal 15 September 2013 dini hari, kemudian terjadi lagi pada sore harinya. Pada 17 September 2013, terjadi 2 letusan pada siang dan sore hari.

Pada bulan Januari tahun 2014,Gunung Sinabung meletus dan terus menerus mengeluarkan awan panas dan terus menerus mengalami letusan.Banyak korban yang mengalami sakit pernapasan.Posko pengungsian pun dipenuhi oleh warga . Sampai sekarang debu vulkanik pun masih dimana-mana.Pembersihan pun terus dilakukan.

Dengan meletusnya gunung Sinabung,kita belajar untuk saling menolong. Kita juga hrus sabar dan tabah dalam menghadapi musibah. Disetiap musibah pasti ada hikmahnya.Kita juga tidak perlu khawatir terhadap letusan Gunung,kita bisa tinggal jauh dari gung agar menghindari letusannya.

maaf ya kalau kepanjangan .. mudah2an bermanfaat