Jawabanmu

2014-03-03T10:06:47+07:00
a. Bahasa Daerah
Setiap suku bangsa memiliki kebiasaan hidup yang menjadi ciri
khas masing-masing. Di antaranya adalah bahasa mereka yang
berasal dari satu suku, biasa menggunakan bahasa daerah dalam
bergaul.
Di Indonesia terdapat lebih kurang 660 bahasa daerah yang
digunakan oleh penduduknya. Beberapa di antaranya dalam
bahasa Sunda, bahasa Batak, bahasa Madura, bahasa Banjar, bahasa
Betawi, bahasa Bali, dan lain sebagainya. Sementara bahasa
persatuan yang dipergunakan oleh seluruh warga negara Indonesia,
yaitu bahasa Indonesia.
b. Rumah Adat
Pernahkah kamu berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah
(TMII) di Jakarta? TMII merupakan gambaran kecil Indonesia
secara keseluruhan. Apa yang dapat kamu lihat di sana? Di TMII,
kamu dapat melihat anjungan (bangunan) rumah adat dari
berbagai pelosok tanah air.
c. Pakaian Adat
Tiap-tiap daerah memiliki pakaian daerah atau pakaian adat yang
khas dengan nama tertentu. Jas tutup dan destar dari D.K.I Jakarta
(Betawi) dan Jawa Barat; baju beskap dan blangkon dari Jawa
Tengah; baju surjan dan blangkon dari D.I Yogyakarta; jas tutup
dan blangkon dari Jawa Timur; baju teluk belanga dan destar dari
Riau; ulos dan sabe-sabe (tutup kepala) dari Sumatra Utara; baju
rompi dan destar dari Kalimantan Selatan, dan sebagainya.
Peninggalan dan Tokoh Sejarah Nasional pada Masa Hindu-Budha dan Islam, Keragaman Kenampakan
Alam dan Suku Bangsa, serta Kegiatan Ekonomi di Indonesia
d. Senjata Tradisional
Pada umumnya, setiap pakaian daerah dilengkapi dengan senjata
tradisional. Misalnya, golok (parang) dari D.K.I. Jakarta, kujang
(Jawa Barat), keris (Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta), clurit (Jawa
Timur), piso surit (Sumatra Utara), rencong (Nanggroe Aceh
Darussalam), mandau (Kalimantan Barat), badik (Sulawesi
Selatan), jenawi (Riau,) tisula (Sumatra Selatan), karih (Sumatra
Barat) dan lain sebagainya.
e. Kesenian Daerah
Salah satu ciri dari keanekaragaman budaya adalah kesenian daerah yang berbeda, misalnya wayang kulit dan gamelan dari suku Jawa; wayang
golek dari suku Sunda. Kesenian daerah, yaitu segala jenis karya
seni yang khas dari daerah. Kesenian dapat berupa seni tari, lagu daerah, alat musik, seni suara dan berbagai bentuk kesenian lainnya.
27 4 27
Jawaban paling cerdas!
2014-03-03T10:15:03+07:00
Adat istiadat padaa masing-masing daerah
24 4 24