Bantu aku ya! Ini soal olimpiade primagama kemarin yg aku ikuti... Bingung!
1) Suhu es yang sedang melebur dan suhu air yang mendidih jika diukur dengan termometer X masing-masing besarnya -10°X dan 105°X. Suhu suatu benda diukur dengan termometer Celcius adalah 60°C, maka suhu benda tersebut jika diukur dengan termometer X adalah....
a. 47°X b. 59°X c. 67°X d. 69°X

2) Akibat dari kohesi raksa yang sangat kuat, maka.....
a. raksa membasahi dinding
b. raksa memiliki massa sangat besar
c. permukaan raksa dalam pipa kapiler selalu lebih tinggi
d. permukaan raksa cembung jika diletakkan di dalam pipa kaca

3) Merebus sayuran akan lebih empuk jika diberi garam, karena....
a. air yang diberi garam dapat mendidih di bawah 100°C
b. air yang diberi garam dapat mendidih di atas 100°C
c. garam dapat menyimpan panas lebih besar
d. garam adalah zat yang dapat membuat sayuran cepat empuk

4) Banyaknya kalor yang diperlukan untuk mengubah 10 kg es pada suhu -5°C menjadi air pada suhu 80°C, jika diketahui kalor jenis es 2100 J/kg°C, kalor jenis air 4200 J/kg°C, dan kalor lebur es 336 kJ/kg adalah....
a. 1312,3 kJ b. 1732,5 kJ c. 2992,5 kJ d. 6825,5 kJ

5) Dua liter air yang bersuhu 20°C dicampur dengan sejumlah air bersuhu 100°C. Banyaknya air yang dicampurkan jika suhu campurannya 80°C adalah....
a. 2 liter b. 4 liter c. 6 liter d. 8 liter

6) Volume gas pada suhu 27°C adalah 15 cm³. Jika volume gas dijadikan 20 cm³ pada tekanan tetap, suhu gas sekarang adalah....
a. 35°C b. 127°C c. 273°C d. 400°C
Makasih! Yg gk tau jangan jawab atau gw laporkan! Sertakan alasan pula.... :)

2
Ada yg tau gak???
gak tau aku

Jawabanmu

2014-03-03T08:15:51+07:00
1. 59 derajat X
2. D (meniskus cembung)
3. A
4. Jawabannya 6825 kJ tapi koq g ada ? apa saya yg salah ?
5. 6 liter
6. 36 derajat celcius
Jawaban paling cerdas!
2014-03-03T09:04:26+07:00
1.A.47
2.B.raksa memiliki
3.A.
4.C
5.D
6.D
1 5 1