Jawabanmu

2014-03-03T01:49:47+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Disebut juga sebagai politik balas budi (etische politiek) dengan motto “de Eereschuld” (hutang kehormatan).
Definisi : suatu pemikiran yang menyatakan bahwa pemerintah kolonial memiliki tanggung jawab moral bagi kesejahteraan pribumi sebagai bentuk kritik terhadap pemberlakuan politik tanam paksa.

Dampak :
Politik etis sangat berdpengaruh dalam bidang pengajaran dan pendidikan yaitu dalam pengembangan dan perluasan dunia pendidikan dan pengajaran di Hindia Belanda. Salah satu orang dari kelompok etis yang sangat berjasa dalam hal ini adalah Mr. J.H. Abendanon (1852-1925) yang merupakan Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan dari tahun 1900 sampai dengan 1905.Sejak tahun 1900 mulai berdiri sekolah-sekolah, baik untuk kaum priyayi maupun rakyat biasa yang hampir merata di daerah-daerah.
Terjadi pertukaran mental antara orang-orang Belanda dan orang-orang pribumi. Kalangan pendukung politik etis merasa prihatin terhadap pribumi yang mendapatkan diskriminasi sosial-budaya. Untuk mencapai tujuan tersebut, mereka berusaha menyadarkan kaum pribumi agar melepaskan diri dari belenggu feodal dan mengembangkan diri menurut model Barat, yang mencakup proses emansipasi dan menuntut pendidikan ke arah swadaya.
Mulai banyak berdiri organisasi pergerakan nasional sebagai suatu dampak dari berkembangnya mental dan pemikiran bangsa Indonesia sebagai salah satu hasil dari kemajuan pendidikan nasional yang dialami oleh para penduduk pribumi khususnya.
Kekurangan : Kebijakan ini hanya ditujukan bagi orang pribumi (eksklusif). Buktinya adalah bahwa pembangunan lembaga-lembaga pendidikan hanya ditujukan untuk kalangan pribumi. Sementara orang-orang campuran tidak dapat masuk ke tempat itu. Bagi mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi harus pergi ke Eropa, yang biayanya sangat mahal. Pandangan pemerintah kolonial yang memandang bahwa hanya orang pribumilah yang harus ditolong ditentang oleh Ernest Douwes Dekker. Menurutnya, seharusnya politik etis ditujukan bagi semua penduduk Hindia Belanda (Indiers) yang di dalamnya termasuk orang Eropa yang menetap (blijvers) dan Tionghoa.
3 5 3
Jawaban paling cerdas!
2014-03-03T01:51:20+07:00
I. Sisi Positif Politik Etis : 
Munculnya golongan terpelajar sebagai pelopor perlawanan politik dan nasionalisme Indonesia 

II. Sisi Negatif Politik Etis : 
Kuatnya system feodal di Indonesia, karena sebagian pelajar Indonesia dalam menempuh pendidikan hanya ingin meningkatkan status sosial belaka
10 4 10