Sebuah pegas memiliki panjang awal 120 cm. jika pegas digantung dan pada salah satu ujungnya diberi beban 220 gram dengan g=10 m/s^2, ternyata pegas bertambah menjadi 150 cm. tentukan :
A. Konstanta pegas
B. Energi Potensial pegas

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-03T01:36:26+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Dik l1 = 120 cm = 0,12 m
      l2 = 150 cm = 0,15 m
       g = 10 m/s^2
       m = 220 gr = 0,22 kg
Dit k dan Ep ?
jawab.

F = k.Δl
m.g = k . (l2-l1)
0,22 . 10 = k (0,15 - 0,12)
2,2 = k . 0,3

a. k = 2,2 / 0,3 = 7,33 N/m^2

b. Ep =  \frac{1}{2} k . delta l^2

         = 1/2 . 7,33 . 0,3^2

         = 0,329 J
                    

trimakasih kak....
sama2 kak, jawabanya sangat membantu
2014-03-03T01:38:46+07:00
(A). Fp = W
kΔx= mg
k(0,3) = 0,22 x 10
k(0,3) = 2,2
k=2,2/0,3
k= 7,33 N/m

(B). Ep=1/2.k.x^2
           = 1/2 x 7,33 x 0,3
           = 1,1 joule

2 4 2