Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-02T23:09:09+07:00
Sistem pemerintahan yang dipiimpin oleh prseiden disebut sistem presidensial, sedangkan sistem pemerintahan yang dipimpin oleh mentri mentri disebut sistem parlementer.
yg terbaiknya bisa ??
sudah gan thanks yoo
2014-03-02T23:11:42+07:00
SISTEM PEMERINTAHAN a. Sistem pemerintahan parlementer: Sebuah sistem pemerintahan ini dimana parlemen memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Ciri-ciri sistem pemerintahan parlementer: Raja/ratu atau presiden adalah kepala negara. Kepala ini tak bertanggung jawab atas segalakebijakan yang diambil oleh kabinet. Kepala negara tidak sekaligus sebagai pemerintahan. Kepala pemerintahan adalah perdanamentri. Kepala negara tak memiliki kekuasaan pemerintahan. Ia hanya berperan sebagaisimbol kedaulatan dan keutuhan negara. Parlemen memiliki kekuasaan besar sebagai badan perwakilan dan lembaga legislatif. Eksekutif bertanggung jawab kepada legislatif. Dan yang disebut sebagai legislatif di siniadalah kabinet. Dalam sistem dua partai, yang ditunjuk debagai pembentuk kabinet dan sekaligus sebagai perdana mentri adalah ketua partai politik yang memenangkan pemilu. Parpol yang kalah akan berlaku sebagai oposisi. Dalam sistem banyak partai, formatur kabinet harus membentuk kabinet secara koalisi, karenakabinet harus mendapat dukungan kepercayaan dari parlemen. Apabila terjadi perselisihan antara kabinet dan parlemen dan kepala negara beranggapankabinet berada dalam pihak yang benar, maka kepala negara membubarkan parlemen. b. Sistem pemerintahan presidensial: Kedudukan eksekutif tak tergantung pada badan perwakilan rakyat. Adapun dasar hukum dari kekuasaan eksekutif dikembalikan kepada pemilihan rakyat. Ciri-ciri sistem pemerintahan presidensial: Penyelenggaraan negara berada di tangan presiden. Kabinet dibentuk oleh presiden. Kabinet bertanggung jawab kepada presiden dan tidak  bertanggung jawab kepada parlemen/legislatif. Presiden tak bertanggung jawab kepada parlemen karena ia tidak dipilih oleh parlemen. Presiden tak dapat membubarkan parlemen seperti dalam parlementer. Parlemen memiliki kekuasaan legislatif dan menjabat sebagai lembaga perwakilan.Anggotanya oun dipilih oleh rakyat. Presiden tidak berada di bawah pengawasan langsung parlemen. c. Sistem pemerintahan referundum Bentuk-bentuk pemerintahan referundum: Referundum obligatoir: referundum yang harus terlebih dahulu mendapat persetujuan langsung dari rakyat sebelum suatu undang-undang tertentudiberlakukan. Referundum fakultatif: referundum yang dilaksanakan apabila waktu tertentusesudah suatu undang-undang diumumkan dan dilaksanakan. Referundum konsultatif: referundum yang menyangkut soal-soal teknis.Keuntungan sistem referundum adalah bahwa pada setiap masalah negara, rakyatlangsung ikut serta menanggulanginya.