dalam ikan teri terdapat kandungan mineral CaF2 sebanyak 330 mg/ 100 gram ikan teri dan kelarutan CaF2 dalam air sebanyak 1,6 mg/100 ml.
bagaimana cara mereaksikan CaF2 + NaOH sehingga didapatkan Ca(OH)2 dan NaF? apakah diperlukan pemanasan apa tidak??

1

Jawabanmu

2014-03-02T23:59:31+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Gas Fluor dapat bereaksi dengan larutan natrium hidroksida (NaOH) membentuk oksigen difluoridayang dapat dinyatakan dalam persamaan reaksi berikut :2 F2(g) +  2 NaOH(aq) ——> 2 NaF(aq) +  H2O(l) + OF2(g)Sementara itu, reaksi yang analog juga terjadi pada Klor dan Brom, dengan produk yang berbeda. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut :Cl2(g) +  2 NaOH(aq) ——> NaCl(aq) +  NaOCl(aq) +  H2O(l)Br2(l) +  2 NaOH(aq) ——> NaBr(aq) +  NaOBr(aq) +  H2O(l)Kedua reaksi di atas dikenal dengan istilah Reaksi Disproporsionasi (Autoredoks). Iod tidak dapat bereaksi dalam kondisi ini.
halogen berikatan dalam mineral, seperti Fluorite (CaF2).

Antar Halogen dapat mengalami reaksi kimia. Oleh karena kekuatan oksidator menurun dari Fluor sampai Iod, Halogen dapat mengoksidasi Ion Halida yang terletak di bawahnya (displacement reaction). Dengan demikian, reaksi yang terjadi antar Halogen dapat disimpulkan dalam beberapa pernyataan di bawah ini :
1. F2 dapat mengoksidasi Clmenjadi Cl2, Brmenjadi Br2, serta I- menjadi I2.
2. Cldapat mengoksidasi Brmenjadi Br2, serta I- menjadi I2. Cltidak dapat mengoksidasi Fmenjadi F2.
3. Brdapat mengoksidasi I- menjadi I2. Brtidak dapat mengoksidasi Fmenjadi F2 maupun Cl-menjadi Cl2.
4. I2 tidak dapat mengokisdasi Fmenjadi F2, Clmenjadi Cl2, serta Brmenjadi Br2.Gas Fdapat diperoleh dari elektrolisis cairan (bukan larutan) Hidrogen Fluorida yang diberi sejumlah padatan Kalium Fluorida untuk meningkatkan konduktivitas pada temperatur di atas 70°C. Di katoda, ion Hakan tereduksi menjadi gas H2, sedangkan di anoda, ion F‑ akan teroksidasi menjadi gas F2.Gas Cl2 dapat di peroleh melalui elektrolisis lelehan NaCl maupun elektrolisis larutan NaCl. Melalui kedua elektrolisis tersebut, ion Clakan teroksidasi membentuk gas Cldi anoda. Gas Cl2 juga dapat diperoleh melalui proses klor-alkali, yaitu elektrolisis larutan NaCl pekat (brine). Reaksi yang terjadi pada elektrolisis brine adalah sebagai berikut :2 NaCl(aq) +  2 H2O(l) ——> 2 NaOH(aq) +  H2(g) +  Cl2(g)