Jawabanmu

2014-09-11T22:49:04+07:00
Persebaran flora dan fauna indonesia terbagi mjd 3 daerah, yaitu asiatis, peralihan, sma australis. asiatis: sumatera, jawa, madura, kalimantan barat. peralihan: sulawesi, ntt, ntb, kalimantan timur, bali. australis: papua, maluku
Jawaban paling cerdas!
2014-09-11T22:49:52+07:00
A.      Persebaran Flora di Indonesia
Indonesia memiliki beraneka ragam jenis tumbuhan. Iklim memiliki pengaruh yang sangat besar, terutama curah hujan dan suhu udara. Jenis-jenis flora di Indonesia antara lain
1)      Hutan hujan tropis                                                                
Hutan ini merupakan hutam rimba yang lebat. Hutan heterogen adalah naama lain dari hutan Hujan tropis. Jenis hutan ini banyak ditemukan di Pulau Sumatera, Kalimantan dan Papua. Cirinya adalah:
a)      Pohonnya besar, tinggi dan rapat
b)      Berdaun lebar dan menghijau sepanjang tahun
c)      Keadaan didalam hutan gelap
d)     Banyak tumbuhan menjalar seperti rotan dan anggrek
2)      Hutan musim
Jenis ini sering disebut hutan homogeny karena tumbuhannya terdiri atas satu jenis tanaman. Jenih hutan ini banyak terdapat di jawa tengah, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat. ciri hutan ini adalah:
a)  Pepohonan tidak terlalu tinggi dengan jarak tidak terlalu rapat
b)  Umumnya terdiri dari satu pohon, misalnya jati
c)   Hutan menghijau dimusim penghujan dan meranggas pada kemarau
d)   Pada bagian dasar hutan, semak masih bisa tumbuh
3)      Stepa
Stepa merupakan lahan yang ditumbuhi dengan rumput-rumput tanpa pepohonan. Jenis padang rumput banyak terdapat di daerah yang curah hujan sedikit dan mengalami kemarau cukup panjnag. Di Indonesia Stepa banyak terdapat di Sumbawa, flores dan timor.
4)      Sabana
Sebana memiliki ciri padang rumput yang luas diselingi pohon-pohon atau semak-semak di sekitarnya. Di daerah ini memiliki kamrau panjang dan bersuhu panas. Di Indonesia sabana terdapat di Nusa Tenggara, Madura dan di Dataran Tinggi Gayo (Aceh).
5)      Hutan bakau atau Mangrove
Tumbuh di daerah pantai yang berlumpur. Pohon-pohon ini memiliki akar yang mampu menaham hantaman ombak laut. Hutan ini banyak tumbuh di dataran rendah dan pantai yang banyak lumpurnya.
6)      Padang lumut
Terjadi karena pengaruh cuaca dingin. Daerah yang dingin biasanya terdapat di puncak-puncak gunung. Di Indonesia, padang lumut dapat dijumpai di Puncak Jayawijaya
Berdasarkan factor geologi, jenis flora di Indonesia dapat dibedakan sebagai berikut:
1)      Flora di Paparan Sunda
a)      Flora di Sumatera terdiri atas:
(1)   Flora edemik seperti Bunga Rafflesia Arnoldi
(2) Flora di Pantai Timur terdiri atas mangrove dan rawa gambut
(3)  Flora di Pantai Barat terdiri atas meranti, kemuning, rawa gambut, hutan rawa dan rotan.
b)     Flora di Kalimantan, terdapat kesamaan dengan flora di Sumatera yaitu hutan hujan tropic, hutan gambut, dan hutan mangrove
2)      Flora di Paparan Sahul, flora di daerah ini terdiri atas hutan tropic, hutan sagu, hutan nipah dan hutan mangrove.
3)    Flora di daerah Peralihan terletak di Sulawesi dan daerah sekitarnya.Terdiri dari hutan hujan tropic, tumbuhan mangrove, dan nipah.
b.      Persebaran Fauna di Indonesa
Dunia hewan di Indonesia dibagi menjadi 3 tempat, yaitu:
1)      Fauna Tipe Indonesia Barat (Asiatis)
Fauna di daerah barat menyerupai daratan asia. Persebaran fauna meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Kalimanta hingga Sellat Makasar dan Selat Lombok. Kebanyakan binatang asiatis memiliki ukuran yang besar dan terdiri dari binatang menyusui. Binatang jenis asiatis bisanya berbulu tidak indah. contoh:
a)      Harimau di jawa, Madura dan Bali
Fauna bagian timur meliputi daerah Papua, Kepulauan Aru dan beberapa pulau di sekitarnya. Ciri dari fauna australis adalah jenis mamalia berukuran kecil, banyak terdapat burung berbulu indah, hewan berkantong. Binatang di daerah Australis mendapatkan pengaruh dari Australia.Cotohnya sebagai berikut:
a)      Kanguru Pohon
Jenis fauna di daerah peralihan memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan fauna di daerah asiatis maupun australis. Jenis fauna peralihan terdapat di Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Contoh fauna peralihan yaitu Biawak dan komodo.
3 4 3