Rumah adat merupakan salah satu bentuk tempat tinggal penduduk di daerah
tertentu. Tuliskan beberapa rumah adat yang kamu kenal di daerahmu dan atau di
daerah lain! Tuliskan ciri khasnya !

2
1. Rumah Gadang, rumah adat Sumatera Barat. Ciri khas dari rumah adat Sumatera Barat ini adalah atapnya yang runving menyerupai tanduk kerbau.

2. Rumah Belah Bubung, merupakan rumah adat Kepulauan Riau bertipe panggung Melayu. ciri khas dari rumah ada itu atabnya terbelah.

3. Rumah Limas, rumah adat Sumatera Selatan ini merupakan prototype dari rumah-rumah tradisional yang ada di Provinsi ini. ciri khas bentuk atapnya limas.
4. Rumah Kebaya, rumah adat Jakarta yang paling popular ditelinga masyarakat adalah Rumah Kebaya atau biasa juga disebut dengan Rumah Bapang. Ciri khas dari rumah adat Jakarta ini adalah teras depan rumah yang luas.

Jawabanmu

2014-03-02T21:37:06+07:00
Rumah gadang, yaitu memiliki atap seperti tanduk kerbau
1 2 1
2014-03-02T21:45:55+07:00
Rumah gadang merupakan rumah adat Minangkabau. Rumah gadang ini mempunyai ciri-ciri yang sangat khas. Bentuk dasarnya adalah balok segi empat yang mengembang ke atas. Garis melintangnya melengkung tajam dan landai dengan bagian tengah lebih rendah. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan dan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumahnya terbuat dari ijuk. Bentuk atap yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya membentuk gonjong, maka rumah gadang disebut juga rumah bagonjong.