jelaskan bagaimana peranan sriwijaya dan majapahit dalam proses integrasi antar pulau pada masa hindu-buddha!

1
Pada saat itu Majapahit dan Sriwijaya adalah kerajaan terbesar di Indonesia, mereka menyebarkan produk-produknya atau hasil bumi menuju pulau-pulau terdekat melalui kapal-kapal, kerajaan-kerajaan tersebut juga menerima kapal-kapal asing untuk pertukaran barang, jasa, budaya, ilmu pengetahuan. Sehingga kerajaan Sriwijaya dan Majapahit menjadi kerajaan yang menjadi pesohor dalam perkembangan kepulauan Indonesia.
komoditas apa yang menarik bagi kaum pedagang untuk mendatangi pelabuhan yang ada di kepulauan indonesia? Bandingkan dengan perdagangan saat ini, komoditas apakah yang diminati perdagangan internasional?

Jawabanmu

2014-03-02T21:10:27+07:00
. 1. Pada saat itu Majapahit dan Sriwijaya adalah kerajaan terbesar di Indonesia, mereka menyebarkan produk-produknya atau hasil bumi menuju pulau-pulau terdekat melalui kapal-kapal, kerajaan-kerajaan tersebut juga menerima kapal-kapal asing untuk pertukaran barang, jasa, budaya, ilmu pengetahuan. Sehingga kerajaan Sriwijaya dan Majapahit menjadi kerajaan yang menjadi pesohor dalam perkembangan kepulauan Indonesia. 

2. Peran laut di Indonesia tentu saja sangat berpengaruh dalam segala hal. 

Bidang ekonomi: Indonesia menjadi tujuan kapal2 untuk singgah. 

Bidang perikanan, wilayah Indonesia yang pada dasarnya negara kepulauan, membuatnya menjadi penghasil ikan yang produktif.