Jawabanmu

2014-09-11T20:30:21+07:00
Beberapa hal yang mempengaruhi Indonesia berdasarkan letak geografis : Mempengaruhi musim – Letak geografis Indonesia dilalui hembusan angin muson (monsoon). Angin muson membawa perbedaan mus Indonesia yang mempengaruhi proses terjadinya hujan pada musim penghujan dan kemarau yang panas. Angin muson bergerak bergantian sepanjang tahun sebanyak 2 kali.Wilayah strategis – Letak Indonesia yang berada diantara 2 benua dan 2 samudera membuat Indonesia menjadi jalur perlintasan Internasional baik laut dan udara. Hal ini akan mempengaruhi perkembangan ekonomi pada zona ekonomi eksklusif Indonesia yang dilewati industri-industri besar. Kemudian pengaruh letak astronomis Indonesia adalah sebagai berikut : Mempengaruhi iklim – Indonesia terletak di sepanjang garis khatulistiwa yang berarti memiliki iklim tropis. Wilayah negara dengan iklim tropis akan memperoleh sinar matahari sebagai pusat tata surya sepanjang waktu. Hal tersebut akan berbeda dengan yang terjadi pada iklim sub tropis yang memiliki 4 musim, begitu juga dengan daerah beriklim kutub.Mempengaruhi perbedaan waktu – Letak astronomis mempengaruhi perbedaan waktu yang ditetapkan mulai pada titik lintang dan bujur 0 o pada kota Greenwich Inggris. Indonesia sendiri terbagi menjadi 3 zona waktu yaitu WIB, WIT dan WITA sesuai Keputusan Presiden No.41 Tahun 1987.
2014-09-11T20:37:18+07:00
Pengaruh letak astronomi :
Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa sehingga mendapat sinar matahari sepanjang tahun,yang merupakan ciri-ciri dari wilayah iklim tropis..
pengaruh letak geografis :
lalu lintas perdagangan di wilayah asia yang strategis.. sehingga kegiatan ekonomi amat ramai.. berpengaruh juga terhadap ekonomi,budaya,dan agama..
budaya barat yang terbawa ke indonesia rata-rata berpengaruh negatif,akibat budaya makanan barat mengakibatkan rakyat indonesia meninggalkan makanan tradisional dari daerahnya..

1 1 1