Jawabanmu

  • D11
  • Terpelajar
2014-09-11T20:05:48+07:00
PEMBUAHAN Pembuahan (Konsepsi) adalah merupakan awal dari kehamilan, dimana satu sel telur dibuahi oleh satu sperma. Jika tidak terjadi pembuahan, sel telur yang dilepaskan akan mengalami kemunduran (degenerasi) dan dibuang melalui vagina bersamaan dengan darah menstruasi. Jika terjadi pembuahan, maka sel telur yang telah dibuahi oleh sperma ini akan mengalami serangkaian pembelahan dan tumbuh menjadi embrio (bakal janin).

Jika pada ovulasi dilepaskan lebih dari 1 sel telur dan kemudian diikuti dengan pembuahan, maka akan terjadi kehamilan ganda, biasanya kembar 2.
Kembar identik terjadi jika pada awal pembelahan, sel telur yang telah dibuahi membelah menjadi 2 sel yang terpisah atau dengan kata lain, kembar identik berasal dari 1 sel telur. Pembuahan terjadi jika sebuah sperma menembus sel telur. Di tuba fallopi, sel telur yang telah dibuahi (zigot) akan didorong ke dalam rahim. Zigot akan sampai ke dalam rahim dalam waktu 3-5 hari dan selama proses perjalanan ini, sel-sel zigot terus membelah dan terbentuk blastokista.