Bagaimana sebaiknyaperilakuika sedang santun ketika sedang berbicara kepada orang yang lebih tua dari kita?Berikan Contoh!

2
Berbicara dengan bahasa yang sopan.. Contoh 'Bapak sedang apa' dan sebaiknya tidak memakai kata 'kamu' ke orang yang lebih Tua

Jawabanmu

2014-03-02T20:20:14+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Menggunakan bahasa yg sopan
tidak berkata kasar

Contoh:
#. di Rumah :
1.Tidak berbicara keras atau kasar kepada orang tua atau orang yang usianya lebih tua daripada kita, seperti kakak, nenek, kakek dan lain-lain.
2.Tidak memerintah orang tua untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan.
3.Tidak membantah perintah orang tua.
4.Mendengarkan bila orang tua sedang berbicara dengan kita.
5.Sebelum berpergian kita meminta izin terlebih dahulu kepada orang tua dan mencium tangan mereka.

#. di Sekolah atau kampus :
1.Menghormati ibu bapak guru atau ibu bapak dosen.
2.Tidak mencela atau mengejek sesama teman.
3.Berbicara dengan ramah kepada sesama teman, guru ataupun dosen.
4.Tidak mengobrol bila guru atau dosen sedang menerangkan meteri.

#. di Tempat kerja :
1.Saling menghargai dan menghormati sesama rekan kerja.
2.Tidak mencela ataupun mengejek hasil kerja orang lain.
3.Berbicara dengan ramah kepada sesama rekan kerja dan pimpinan.

#. di Lingkungan masyarakat :
1.Menghargai dan menghormati setiap orang, terutama orang yang usianya lebih tua daripada kita.
2.Menhargai pendapat orang lain.
3.Tidak melakukan sesuatu yang melanggar norma-norma, seperti menyakiti ataupun menghina orang lain.
4.Menutup mulut ketika sedang menguap di tempat umum.
5.Tidak memotong pembicaraan orang lain secara tiba-tiba.
6.Bila bertemu dengan orang yang kita kenal, maka sebaiknya kita menyapanya.
7.Tidak meludah di sembarang tempat
8.Tidak membuang gas didekat orang banyak.
contoh nya mana gue laporin Lo!!!
No Tipu
Jawaban paling cerdas!
2014-03-02T20:21:01+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Tidak membentak.
2. Jika menggunakan bahasa daerah, gunakan bahasa tingkat tinggi (krama alus).
3. Menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
4. Tidak berkata kotor.
5. Tidak berkata kasar.

Contoh yang benar : "Bu saya pamit, saya akan pergi ke rumah teman untuk belajar kelompok"

mana gwe tunggu...
Itu udah...
makasih
Sama-sama, senang bisa membantu :)
Terima kasih karena sudah dijadikan sebagai jawaban yang terbaik :)