Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-11T18:49:16+07:00
Orang-orang beriman wajib meneladani sifat Allah Al Mukmin dengan memberikan rasa aman dan mengupayakan keamanan di lingkungannya masing-masing. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Al Muslimu man salimal-muslimuuna min lisanhi wa yadihi." (Orang Islam itu adalah orang yang orang-orang Islam lain selamat dari lidahnya dan tangannya). Dia akan senantiasa menjaga lidahnya agar tidak melukai hati orang-orang yang berada di sekitarnya. 
Dia tidak akan merendahkan martabat, menghinakan dan mengejek orang lain. Dia akan menjauhi ghibah, namimah, dan fitnah. Sebaliknya dia akan memanfaatakan kepandaiaanya berbicara untuk berdakwah, mengajak orang lain kembali ke jalan Allah. Tutur kata yang terucap adalah tutur kata yang menyejukkan hati. Nasehat dan saran yang keluar dari mulutnya akan mendatangkan keselamatan. 

Begitu pula dengan perbuatannya, senantiasa terjaga tidak pernah merugikan orang lain dengan sengaja. Bahkan dia tidak pernah kikir dengan tenaga, pikiran, dan hartanya di jalan Allah. Dia senantiasa siap membantua orang lain dengan diri dan hartanya. Dia selalu berusaha mengutamakan orang lain daripada dirinya sendiri. Karakter seperti inilah yang dimiliki orang-orang Anshar, yang mengutamakan orang-orang Muhajirin daripada diri mereka sendiri, yang digambarkan Allah swt dalam surat Al Hasyr 59: 9.
2 4 2