Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-11T16:55:55+07:00
Gaya tak sentuh : gaya yang diberikan tanpa melalui sentuhan
gaya sentuh : gaya yg diberikan disertai sentuhan
2 4 2
2014-09-11T16:57:11+07:00
1. Gaya sentuh
Pengertian gaya sentuh adalah gaya yang dikerjakan harus dilakukan dengan pesentuhan atau kontak lengsung antara benda yang mengerjakan gaya dengan benda yang dikenai gaya. Contoh gaya sentuh adalah :
- Gaya otot adalah gaya yang yang ditimbulkan oleh otot manusia dan hewan 
- Gaya pegas yaitu gaya pulih yang ditimbulkan oleh benda yang mengalami pemampatan atau perenggangan 
- Gaya gesekan adalah gaya yang timbul karena gesekan antara permukaan dua benda atau lebih Gaya mesin adalah gaya yang ditimbulakan oleh pembakaran bahan bakar didalam mesin 

2. Gaya Tak sentuh
Pengertian gaya tak sentuh adalah gaya yang dikerjakan tanpa adanya persentuhan atau kotak langsung antara benda yang mengerjakan gaya dengan benda yang dikenai gaya. Contoh gaya tak sentuh adalah
- Gaya magnet adalah gaya tarik atau tolak yang ditimbulkan oleh benda yang besifat magnet
- Gaya gravitasi adalah gaya yang ditimbukan oleh benda untuk menarik benda lain ke arah pusat benda yang bersangkutan. Misalnya gaya grafitasi bumi menarik benda benda diatas permukaan bumi ke arah pusat bumi. 
- Gaya listrik adalah gaya yang ditimbulakan oleh muatan muatan listrik atau arus listrik 
- Gaya berat atau yang biasa disebut berat benda. Berat benda merupakan gaya gravitasi bumi yang bekerja pada benda tersebut.
gaya sentuh:gaya yang membutuhkan kontak langsung
gaya tak sentuh gaya yg tdk membutuhkan kontak langsung
emang iya