Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-11T16:55:04+07:00
Pada tanggal 1 Maret 1945 pemerintah pendudukan Jepang di Jawa yang dipimpin oleh Panglima tentara ke-16 Letnan Jenderal Kumakici Harada mengumumkan pembentukan Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Tujuan pembentukan badan tersebut adalah menyelidiki dan mengumpulkan bahan-bahan penting tentang ekonomi, politik dan tata pemerintahan sebagai persiapan untuk kemerdekaan Indonesia. Walaupun dalam penyusunan keanggotaan berlangsung lama karena terjadi tawar menawar antara pihak Indonesia dan Jepang, namun akhirnya BPUPKI berhasil dilantik 28 Mei 1945 bertepatan dengan hari kelahiran Kaisar Jepang, yaitu Kaisar Hirohito. Adapun keanggotaan yang terbentuk berjumlah 67 orang dengan ketua Dr. K.R.T. Radjiman Widiodiningrat dan R. Suroso dan seorang Jepang sebagai wakilnya Ichi Bangase ditambah 7 anggota Jepang yang tidak memiliki suara. Ir. Soekarno yang pada waktu itu juga dicalonkan menjadi ketua, menolak pencalonannya karena ingin memperoleh kebebasan yang lebih besar dalam perdebatan, karena biasanya peranan ketua sebagai moderator atau pihak yang menegahi dalam memberi keputusan tidak mutlak. Pada tanggal 28 Mei 1945 dilangsungkanlah upacara peresmian BPUPKI bertempat di Gedung Cuo Sangi In, Jalan Pejambon Jakarta, dihadiri oleh Panglima Tentara Jepang Wilayah Ketujuh Jenderal Itagaki dan Panglima Tentara Keenam Belas di Jawa Letnan Jenderal Nagano. BPUPKI mulai melaksanakan tugasnya dengan melakukan persidangan untuk merumuskan undang-undang dasar bagi Indonesia kelak. Hal utama yang dibahas adalah dasar negara bagi negara Indonesia merdeka.
(sorry kalau gak lengkap)


3 4 3
2014-09-11T16:59:37+07:00
Bpupki dibentuk pada tanggal 1maret 1945 oleh jepang. bpupki merupakan singkatan dari badan penyelidik persiapan usaha-usaha kemerdekaan indonesia dan bahasa jepangnya adalah dokuritsu zyunbi tyosakai. bpupki dibentuk oleh jendral kumaichi harada. bpupki terdiri dari 62 anggota dari indonesia dan 7 orang dari jepang. dengan ketua dr. krt radjuman widyodiningrat, dan wakil ketua 1 adlah r.p. panji doeroso, dan wakil ketua 2 adalah ichibangase. di luar anggota bpupki dibentuk sebuah badan tata usaha semacam sekertariat beranggotkan 60 orang. bpupki dibentuk karena menarik simpati masyarakat indonesia untuk melawan sekutu.
2 2 2