1.jelaskan makna sila pancasila merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan?
2.jelaskan hubungan antarsila dalam pancasila?
3.jelaskan 5 nilai yang terkandung dalam sila ketuhan yang maha esa?
4.jelaskan 4perwujudan sila kemanusiaan yang adil dan beradap di lingkungan masyarakat!
5.jelaskan 4 perwujudan sila persatuan indonesia di lingkungan sekolah?

1

Jawabanmu

2014-09-11T16:44:59+07:00
1. Bahwa indonesia memiliki bhineka tunggal ika yg berbunyi  walaupun berbeda-beda namun tetap satu  yang artinya walaupun kita berbeda suku dan agama tapi kita tetap bersatu , Berarti bangsa Indonesia tidak akan berpisah/pecah dengan adanya Persatuan bangsa! Persatuan bangsa manyatukan perbedaan yang ada di Indonesia. masing-masing sila dari Pancasila itu tidak dapat dipahami dan diberi arti secara sendiri-sendiri, terpisah dari keseluruhan sila-sila lainnya. Memahami atau memberi arti setiap sila-sila secara terpisah dari sila- sila lainnya akan mendatangkan pengertian yang keliru tentang Pancasila.
2. Sila – sila dala pancasila merupakan rangkaian ke satuan yang bulat sehingga tidak dapat di pisah – pisahkan satu sama lain atau tidak dapat di bagi – bagi atau di peras . Dalam pelaksanaanya sila kesatu melandasi sila kedua , ketiga , keempat dan kelima . Sila kedua dilandasi sila kesatu dan melandasi sila ketiga , keempat dan kelima . Sila ketiga dilandasi sila kesatu dan sila kedua , serta melandasi sila keempat dan sila kelima . Dan seterusnya
3. A.    Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerja sama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa. B.   Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. C.    Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. D.   Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain. E.   Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dengan menjalankan semua perintah-Nya, dan sekaligus menjauhi segala larangan-Nya.
4. A.    Tidak semena – mena terhadap orang lain B.   Adil terhadap sesama manusia C.    Mengakui dan memperlakukan manusia sebagai manusia , tidak sebagai bintang . D.   Menjunjung tinggi nilai – nilai kemanusiaan E.   Saling menghormati terhadap sesama F.    Menyakini persamaan derajat , persamaan hak dan kewajiban terhadap sesama .
5. A.    Menjalankan piket sesuai jadwal masing – masing B.   Tidak mengadu domba antar teman C.    Sikap toleransi terhadap teman D.   Saling membantu dalam kerja kelompok E.   Menjaga tali silaturahmi dengan teman , guru dan staff / karyawan sekolah   Maaf kalo salah , ini tugas lama aku





14 4 14