Jawabanmu

2014-09-11T16:30:16+07:00
Kerajaan majapahit , sriwijaya , demak , kerajaan cirebon , kerajaan banten , kerajaan aceh , kerajaan goa talo , samudera pasal
Jawaban paling cerdas!
2014-09-11T17:01:01+07:00
Dari zaman peralihan mulailah sastra Melayu menampakkan ciri Islam. Yang didahului oleh masuknya Islam ke Nusantara. Menurut laporan Marco Polo, bahwa telah ada pemeluk Islam di Perlak (Aceh). Maliku Saleh, raja Islam pertama Samudra Pasei mangkat menjelang tahun 1297. Perkembangan Islam di Nusantara berhubungan dengan perkembangan Islam di dunia. Gujarat tahun 1196 masuk wilayah Islam. Yang datang berdagang bukan hanya orang Hindu, tapi juga orang Islam. Tahun 1258 Bagdad runtuh oleh bangsa Mongol. Perdagangan darat beralih ke laut. Orang-orang Islam mulai berlayar ke wilayah Timur. Itulah sebabnya mengapa Islam pada abad ke-13 berkembang.   Pada masa Islam kesusastraan Melayu dipengaruhi oleh Islam. Sastra Islam Melayu adalah sastra orang Islam yang ditulis dalam bahasa Melayu, yang cirinya yaitu, pertama, terjemahan atau saduran dari bahasa Arab atau Persia, kedua, kebanyakan anonim (tanpa nama penulis dan waktu penulisannya).Memperhatikan hal tersebut, bisa jadi benar bahwa Islam telah diperkenalkan pada abad pertama Hijri, seperti dikemukakan Thomas Arnold dan disepakati oleh banyak ahli Indonesia-Malaysia, namun perkembangan lebih lanjut dan terlihat nyata setelah abad ke-12. Setelah abad ke-12 sampai abad ke-16 proses islamisasi semakin pesat.
KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA =
1. samudera pasai
2. demak
3. banten
4. mataram
5. gowa-tallo
6. cirebon
7. mataram kuno
8. banjar
9. maluku
10. sulawesi
SEMOGA MEMBANTU
1 5 1