Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-11T15:25:02+07:00
APA SAJAKAH PENYIKSAAN YANG DILAKUKAN PENJAJAH TERHADAP PEJUANG BANGSA?................
2014-09-11T15:29:27+07:00
1. Perhatikan keterangan berikut!
1) Pemerintah kolonial menerapkan Wilde Scholen Ordonantie
2) Munculnya stratifikasi sosial dalam masyarakat Indonesia
3) Lahirnya kaum terpelajar
4) Kaum Indo Belanda mendirikan Indische Bond dan Insulinde
5) Keinginan adanya persatuan bangsawan Jawa
Faktor intern yang mendorong munculnya Pergerakan Nasional Indonesia adalah ... .
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 2 dan 5
D. 2, 3 dan 4
E. 2, 3 dan 5
2. Usaha yang ditempuh Mahatma Gandhi untuk membebaskan India dari imperialisme Inggris melalui gerakan Satyagraha adalah ... .
A. ikut bergabung dengan jalan mogok sebagai tanda protes
B. melawan musuh tanpa kekerasan fisik ataupun batin
C. tetap setia pada kebenaran dan menolak kerjasama dengan penjajah
D. menjalani kehidupan dengan usaha sendiri
E. berjuang dengan memanfaatkan kebijaksanaan pemerintah penjajah
3. Lahirnya gerakan nasionalisme yang terjadi di Asia-Afrika merupakan sebagai akibat ... .
A. keinginan untuk mencapai kebebasan
B. kemajuan pendidikan dari rakyat Asia Afrika
C. lemahnya sistem kekuasaan pemerintah penjajah
D. rasa tidak puas kemewahan kaum imperialis
E. hilangnya kepercayaan rakyat terhadap penjajah
4. Organisasi Budi Utomo merupakan “fajar baru” dalam pergerakan Indonesia karena mempunyai cita-cita berikut, kecuali ... .
A. menolak kebudayaan barat
B. merekrut golongan priyayi Jawa
C. mencapai Indonesia Merdeka
D. menghidupkan kebudayaan Jawa
E. mengumpulkan dana untuk studyfonds
5. Gagalnya perjuangan kemerdekaan pada masa sebelum pergerakan nasional disebabkan oleh ... .
A. gerak perjuangan belum merakyat
B. mengutamakan kepentingan kelompoknya
C. belum adanya semangat persatuan nasional
D. belum optimalnya potensi kekuatan bangsa
E. tidak adanya pemimpin bangsa yang tangguh
6. Usaha bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan tidak hanya lewat organisasi, tetapi melalui lembaga resmi pemerintah kolonial yaitu ... .
A. Volksraads
B. Parlemen di negeri Belanda
C. Komisi Visman
D. Dewan Perwakilan Rakyat
E. Kongsi Dagang Belanda
7. Perhatikan keterangan berikut:
1) Kedaulatan Rakyat
2) Darmo Kondo
3) Suara Asia
4) Suara Merdeka
5) Cahaya Bandung
Surat kabar yang besar peranannya dalam menyebarluaskan berita Proklamasi adalah ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5
8. Dalam bidang pendidikan dari masa pendudukan Jepang ada sebagian yang menguntungkan yaitu ... .
A. melahirkan golongan cerdik pandai yang mempelopori gerakan nasional Indonesia
B. digunakannya bahasa Indonesia sebagai pengantar di sekolah
C. pendidikan di Indonesia diatur model pendidikan barat
D. melahirkan tokoh-tokoh di bidang pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara
E. diajarkannya tulisan Kanji dan Hiragana
9. Segi positif di bidang militer pada masa pendudukan Jepang di Indonesia adalah ... .
A. jatuhnya pertahanan Amerika serikat di Pasifik
B. kalahnya Jepang dalam perang Asia Timur Raya
C. Jepang berhasil melumpuhkan pertahanan Sekutu di Asia Tenggara
D. Bekal dalam pembentukan Tentara Indonesia
E. Meningkatnya motivasi berjuang dalam perang Asia Timur Raya
10. Dalam bidang pemerintahan akibat yang ditimbulkan dari adanya pendudukan Jepang di Indonesia adalah ... .
A. wilayah Indonesia di bawah kekuasaan militer
B. kaisar memegang kendali utama di negeri jajahan
C. membagi wilayah Indonesia menjadi 68 Karesidenan
D. diterapkannya sistem pemerintahan atas dasar faham Fasisme
E. dihapuskannya negara Boneka buatan Belanda
Kunci Jawaban:
1. D,2. C,3. A,4. A,5. C,6. A,7. D,8. B,9. D,10. A