Karakter
karakter itu bawaan hati, jiwa, pikiran sifat dan tempramen
cara perwatakan adalah bagaimana cara kita menceritakan seseorang dengan watak atau sifatnya masing-masing baik ditunjukkan dari perilakunya ataupun langsung disebutkan

Jawabanmu

2014-09-11T05:04:40+07:00
Cara perwatakan itu maksudnya sifat dri tokoh2 yg ada dlm cerpen
cara penokohan itu maksudnya tokoh2 yg ada dalam sebuah cerpen
Jawaban paling cerdas!
2014-09-11T05:18:03+07:00
Cara perwatakan pada cerpen adalh, cara menentukna watak pada cerpen, bisa itu Protagonis atau antagonis.
caranya:
a. melalui tuturan pengarang terhadap karakteristik pelakunya;
b. gambaran yang diberikan pengarang lewat gambaran lingkungan kehidupan
maupun cara berpakaian;
c. menunjukkan bagaimana perilakunya;
d. melihat bagaimana tokoh itu berbicara tentang dirinya sendiri;
e. memahami bagaimana jalan pikirannya;

f. melihat bagaimana tokoh lain berbicara tentang dia;
g. melihat tokoh lain berbincang dengannya;
h. melihat bagaimanakah tokoh yang lain memberi reaksi terhadapnya;
i. melihat bagaimanakah tokoh itu dalam mereaksi tokoh yang lain.


1 5 1