Jawabanmu

2014-09-10T22:15:14+07:00
Arachnoid dan piameter
maaf kalo salah.
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-09-10T22:17:01+07:00
Otak diselimuti oleh suatu selaput tipis yang dinamakan meninges. Meninges terdiri dari 3 lapisan, urutan dari luar ke dalam adalah duramater, arachnoid, dan piamater. Antara piamater dan arachnoid atau durameter terdapat cairan limfe yang berfungsi memelihara sel-sel otak supaya tetap basah. Hal tersebut berkaitan dengan difusi oksigen dari pembuluh darah ke sel otak.
 
Duramater (Lapisan luar) Selubung keras pembungkus otak yang berasal dari jaringan ikat tebal dan kuat dibagian tengkorak terdiri atas selaput tulang  tengkorak dan durameter propia dibagian dalam. Didalam kanal vertebralis kedua lapisan ini terpisah. Duramater pada tempat tertentu mengandung rongga yang mengalirkan darah vena dari otak. Rongga ini dinamakan sinus longitudinal superior. Rongga ini terletak diantara hemisfer otak.

Arachnoid (lapisan Tengah) Arachnoid merupakan selaput halus yang memisahkan duramater dengan piamater. Selaput membentuk sebuah kantong atau balon berisi cairan otak yang meliputi seluruh sususnan syaraf sentral. Medula spinalis terhenti dibawah lumbar I-II yang terdapat sebuah kantong berisi cairan, berisi saraf perifer yang keluar dari medula spinalis dapat dimanfaatkan untuk mengambil cairan otak yang disebut fungsi lumbar.

Piamater (Lapisan dalam) Merupakan selaput tipis yang terdapat pada permukaan jaringan otak piamater berhubungan dengan arakhnoid melalui struktur-struktur jaringan ikat yang disebut trabekel.

2 3 2