Jawabanmu

2014-03-02T10:45:18+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Phylum Echinodermata ==> bintang laut 
Mekanisme gerak melalui sistem kaki ambulakral adalah sebagai berikut: 

> air masuk melalui madreporit 
> turun ke saluran cincin 
> masuk ke dalam saluran radial, 
> setelah itu air masuk ke kaki-kaki tabung, 
> air disemprotkan sehingga dalam kaki tabung muncul tekanan hidrolik dari air, 
> akhirnya kaki tabung menjulur ke luar menyebabkan ampula melekat pada benda 
lain sehingga bisa berpindah tempat. 

Selanjutnya ampula mengembang kembali dan air akan bergerak berlawanan 
dengan arah masuk. 
Kaki tabung sebelah kanan yang memegang objek tadi akan menyeret tubuh 
hewan ini ke arahnya
11 4 11
2014-03-02T10:47:12+07:00
B. SISTEM TUBUH ECHINIDERMATA
1.    AMBULACRAL-GERAK ECHINODERMATA 
Sistem Ambulakral Merupakan sistem aliran air lewat pembuluh yang dilakukan oleh kelompok Echinodermata kelompok hewan berkulit duri). sistem kerjanya diawali dari masuknya air dari laut melalui lubang madreporit dabagian punggung yang kemudian dasalurkan ke saluran saluran yang berakhir ke ampula yang menyerupai balon/tabung (kaki tabung) ampula yang berisi air ini nanti akan di tekankan ke obyek batuan sehingga bisa membawa badannya bergerak , tentu penekanan ampula mempunyai konsekwensi air di ampula keluar sehingga kempes lagi air bergerak ke mulut - begitu seterusnya. OK
Berikut jalur jalur pembuluh air ditubuhnya
• Madreporit, merupakan lubang tempat masuknya air dari luar tubuh.
• Saluran batu
• Saluran cincin
• saluran radial, meluas ke seluruh tubuh.
• Saluran lateral
• Ampula
• Kaki tabung

MEKANISME SISTEM AMBULAKRAL

Sistem ini berfungsi untuk bergerak, bernafas atau membuka mangsa. Pada hewan ini air laut masuk melalui lempeng dorsal yang berlubang-lubang kecil (madreporit) menuju ke pembuluh batu. Kemudian dilanjutkan ke saluran cincin yang mempunyai cabang ke lima tangannya atau disebut saluran radial selanjutnya ke saluran lateral. Pada setiap cabang terdapat deretan kaki tabung dan berpasangan dengan semacam gelembung berotot atau disebut juga ampula.Dari saluran lateral, air masuk ke ampula. Saluran ini berkahir di ampula Jika ampula berkontraksi, maka air tertekan dan masuk ke dalam kaki tabung. Akibatnya kaki tabung berubah menjulur panjang. Apabila hewan ini akan bergerak ke sebelah kanan, maka kaki tabung sebelah kanan akan memegang benda di bawahnya dan kaki lainnya akan bebas. Selanjutnya ampula mengembang kembali dan air akan bergerak berlawanan dengan arah masuk. Kaki tabung sebelah kanan yang memegang objek tadi akan menyeret tubuh hewan ini ke arahnya. Begitulah cara hewan ini bergerak. Di samping itu hewan ini juga bergerak dalam air dengan menggunakan gerakan lengan-lengannya.
3 4 3