Jawabanmu

2014-03-02T08:28:54+07:00
Dalam pasal 18 UUD 1945 setelah amademen ke-2 Tahun 2000 di rumuskan cukup rinci sebagai berikut:
1. Negara kesatuan republic Indonesia dibagi atas kabupaten dan kota,yang tiap-tiap provinsi,kabupaten,dan kota itu mempunyai pemerintah daerah,yang di atur dengan undang-undang.
2. Pemerintahan daerah provinsi,daerah kabupaten.dan kota mengatur,mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan.
3. Pemerintahan daerah provinsi,daerah kabupaten,dan kota memiliki DPRD yang anggota-anggotanya dipilih melalui pemilihan umum.
4. Gubernur,bupati dan walikota masing-masing sebagai kepala pemerintah daerah provinsi,kabupaten, dan kota dipilih secara demokratis.
5. Pemerintah daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya,kecuali urusan pemerintahan yang oleh UU di tentukan sebagai urusan pemerintah.
6. Pemerintah daerah berhak menentukan peraturan daerah dan peraturan-peraturan lain untuk melaksanakan otonomi dan tugas pembantuan.
7. Susunan dan tata cara penyelegaraan pemerintahan daerah di atur dalam undang-undang.
Selanjutnya sesuai dengan semangat reformasi dan pembatasan system sentralistis,MPR dalam Amademen ke-2 UUD 1945 Tahun 2000 merumuskan dalam pasal 18 A dan pasal 18 B sebagai berikut:
1. Hubungan wewenang antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah provinsi,kabupaten,dan kota,atau antara provinsi dan kabupaten dan kota, diatur undang-undang dengan memperhatikan kekhususan dan keragaman daerah.
2. Hubungan keuangan,pelayanan umum,pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya lainnya antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah di atur dan dilaksanakan secara adil dan selaras berdasarkan undang-undang.
Pasal 18 B:
1. Negara mengakui dan menghormati satuan-satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus atau bersifat istimewa yang diatur dengan undang-undang.
2. Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionanya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara kesatuan republic Indonesia,yang diatur dalam undang-undang.
Rumusan pasal 18 UUD 1945 sesudah di amademen suadah lebih rinci tegas di bandingkan sebelum amademen.dari perumusan UUD 1945 tersebut,jelas bahwa pasal 18 menjadi landasan pembentukan pemerintah daerah yang akan di atur dengan undang-undang; bahwa daerah-daerah dimaksud akan berstatus otonom dan akan memiliki DPRD,serta pemerintah didaerah.
Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa pasal 18 UUD 1945 menjadi merupakan landasan hokum pembentukan pemerintah daerah berikut aparat-aparat pelaksanaannya,yang salah satu unsure pentingnya ialah adanya semacam badan perwakilan daerah yang dalam perkembangannya menjelma menjadi DPRD,serta pemerintah di daerah.
Jika diringkaskan isi pasal 18.18 A 18 B UUD 1945 Menurut Marbun(2005:13)akan dijumpai pokok-pokok pengertian sebagai berikut:
1. Daerah tidaklah bersifat”staat”atau(dalam negara);
2. Wilayah Indonesia mula-mula akan dibagi dalam pronvinsi-provinsi. Provinsi kemudian akan dibagi pula dalam daerah-daerah yang lebih kecil yaitu kabupaten dan kota;
3. Daerah-daerah itu adalah daerah-daerah otonom atau daerah administrasi;
4. Di daerah otonom dibentuk DPRD yang anggota-anggotanya di pilh melalui pemilihan umum;
5. Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hokum adat beserta hak-hak trdisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai perkembangan masyarakat dan prinsip Negara kesatuan republic Indonesia.
2 4 2
2014-03-02T08:29:02+07:00
Pasal 18
1. NKRI dibagi atas daerah2 provinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota, yang tiap2 provinsi, kabupaten,dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah, yang diatur dalam undang2

Pasal 18a
1. Hubungan wewenang antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota atau antar provinsi dan kabupaten dan kota, diatur dengan undan2 dengan memperhatikan kekhususan dan keragaman daerah

Pasal 18b
1. Negara mengakui dan menghormati satuan2 pemerintahan daerah yang bersifat khusus atau bersifat istimewa yang diatur dengan Undang2

Jadikan yang terbaik ya :)
2 1 2