Jawabanmu

2014-09-10T19:34:14+07:00
Pastinya dari gen. Jika dia ad keturunan dari ibu/ayah mempunyai pupil mata berwarna coklat, maka anak nya 85% matanya juga akan berwarna coklat
jika kita melihat bulat mata seseorang dengan warnanya yang masing-masing, sesungguhnya yang dilihat itu adalah iris ini. Jumlah pigmen yang ada pada iris menentukan warna dari iris itu sendiri. Begini aturannya. Jika dalam iris tidak ada pigmennya, maka warnanya adalah merah. Jika di dalamnya kemudian diberi sedikit pigmen, maka warnya akan membiru, lalu jika ditambahi lagi maka akan berubah menjadi abu-abu, coklat, hingga menjadi hitam. Jadi telah jelas apa sebab warna mata itu timbul.
2014-09-10T19:34:41+07:00
Yang menyebabkan adalah jumlah sel-sel melanosit yang ada pada bagian iris mata dan bagaimana penyebarannya. Sel melanosit ini menghasilkan melanin, yaitu pigmen yang terdapat pada mata dan memberikan warna pada iris mata kita. Pada mata manusia, iris mata terdiri dari beberapa lapisan dimana lapisan depan dan lapisan stroma adalah bagian yang penting dalam penentuan warna mata. Jumlah melanin pada epitelum di belakang iris, pada stroma, dan kepadatan sel stroma akan menentukan pigmentasi iris mata, dari cokelat terang hingga berwarna hitam.