Sebuah panci aluminium massanya 600 gram berisi air 2kg pada suhu 25 celcius. kemudian dipanaskan sampai 100 celcius. banyak kalor yang dibutuhkan jika kalor jenis air 4200 Joule/kg celcius, dan kalor jenis aluminium 880 Joule/kg celcius adalah...

2

Jawabanmu

2014-03-01T23:38:55+07:00
Duuh kalo pake aluminiumnya gatau deh.. tapi kalo yang ditanya "kalor yang dibutuhkan air" jawabannya:
Q = m.c.Δ
Q = 2kg. 4200 j/kg°c . (100°c-25°c)
Q = 2kg. 4200 j/kg°c . 75°c
Q = 630000 J
aku mencari massa air bukan massa aluminium aluminium. karena aku mencari kalor yang dibutukan air TANPA MELIHAT UNSUR PANCI. jadi, cara yang aku tulis di atas adalah kalor yang dibutuhkan air diluar problema massa dan massa jenis panci. kalo dikaitkan dengan pancinya, aku gatau soalnya belum pernah belajar
ohh gitu. oh ya, kadang klo ada pertanyaan kyk gini kan ada gambarnya. kamu pasti tau gimana.. trs klo dalam soal tersebut tidak menyebutkan massanya kamu carinya gimana?
kalo massanya gak ada, pasti Q,c,delta t nya diketahui. kalo engga ada, ngga lengkap dong soalnya hehe
yap! betul. wkwkwk
iya hehe
2014-03-02T09:07:08+07:00
Kalor panci=0,6×75×880=39.600=39,6kJ kalor air=2×75×4200=630.000=630kJ