Jawabanmu

2014-09-10T17:40:06+07:00
1.izhar Halqi = dbca jelas/terang
2.Idgham Bigunnah : dbca dengung/mendengung
3.Idgam Bila gunnah : dbca tdk boleh dengung
4.Iqlab : mim brtmu ba
segitu dulu :D lg ga connect:3 soalnya lg flu:'(
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-09-10T17:44:43+07:00
GHUNNAH
Ghunnah artinya mendengung. Hal ini berarti bahwa setiap ada huruf Nun atau Mim yang bertasydid maka hukum bacaannya dinamakan Ghunnah.
Contoh:اِ نَّ       ثُمَّ        اِ نَّمَا       فَلَمَّا
HUKUM NUN SUKUN/TANWIN
Perbedaan Nun sukun atau Tanwin adalah sama dalam lafadz tetapi lain dalam tulisan. Adapun hukum Nun sukun atau Tanwin dibagi menjadi 6 macam, antara lain:Idghom BighunnahIdghom     : memasukkan
Bighunnah : dengan mendengungArtinya: apabila ada Nun sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah yang berjumlah 4 huruf, antara lain:ي  ن م و atau biasa di singkat dengan bunyi يَنْمُوْ
Contoh:مَنْ يَقُوْ لُ ( نْ- ي )           فَلَنْ نَِّزيْدَ كُمْ ( نْ- ن )فَتْحًا مُبِيْنًا ( _ً  – م) 
          مِنْ وَّرَائِهِمْ ( نْ- و )Idghom BilaghunnahIdghom         : memasukkan
Bilaghunnah : dengan tanpa mendengungArtinya: apabila ada Nun sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah yang berjumlah 2 huruf, antara lain: ل dan ر
Contoh:مِنْ لَدُ نْكَ ( نْ- ل )                   غَفُوْرٌرَحِيْمٌ ( _ٌ – ر)IdzharIdzhar berarti: jelas atau terangArtinya: apabila ada Nun sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah yang berjumlah 6 huruf, antara lain: ﻫ  أ ح خ ع غ
Contoh:كُفُوًا اَحَدٌ ( _ً – ا)              مِنْ حَيْثُ ( نْ – ح )           مَنْ خَفَّتْ ( نْ – خ )خُلُقٍ عَظِيْمٍ ( ٍ – ع )          قَوْ مًا غَيْرَ كُمْ ( _ً -غ)        لَكُمُ اْلاَ نْهَا َر ( نْ – ﻫ )IqlabIqlab berarti:Artinya: apabila ada Nun sukun atau Tanwin bertemu dengan satu huruf dari huruf hijaiyyah yaitu: ب
Contoh:مَنْ بَخِلَ ( نْ – ب )                 عَوَا نٌ بَيْنَ ( _ٌ – ب)Ikhfa’Ikhfa’ berarti: samar-samarArtinya: apabila ada Nun sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah yang berjumlah 15 huruf, antara lain:ت ث ج د ذ ز س ش ص ض ط ظ ف ق ك
Contoh:مِنْ تَحْتِهَا ( نْ – ت )             مَاءً ثَجَا جًا ( _ً – ث)            اَنْجَيْنَا كُمْ ( نْ – ج )قِنْوَانٌ دَانِيَةٍ ( _ٌ – د)             مَنْ ذَالَّذِ يْ ( نْ – ذ)             يَوْمَئِذٍ زُرْقًا ( ٍ – ز )اِنَّ اْلاِ نْسَا نَ ( نْ – س )        عَذَا بٌ شَدِ يْدٌ ( _ٌ – ش)        قَوْ مًا صَا لِحِيْنَ ( _ً – ص)مُسْفِرَ ةٌ ضَا حِكَةٌ ( _ٌ – ض)    وَمَا يَنْطِقُ ( نْ – ط)             عَنْ ظُهُوْرِهِمْ ( نْ – ظ)عُمْيٌ فَهُمْ ( _ٌ – ف)               رِزْقًا قَا لُوْا ( _ً – ق)          مَنْ كَا نَ يَرْجُوْا ( نْ – ك)
HUKUM MIM SUKUN
Hukum Mim sukun dibagi menjadi 3 macam, antara lain:Idghom Mitsli (Idghom Mimi)Artinya: apabila ada Mim sukun bertemu dengan Mim
Contoh:كُنْتُمْ مُسْلِمِيْنَ ( مْ – م )Ikhfa’ SyafawiArtinya: apabila ada Mim sukun bertemu dengan Ba’
Contoh:تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ ( مْ – ب )Idzhar SyafawiArtinya: apabila ada Mim sukun bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah selain Mim dan Ba’
Contoh:هُمْ نَا ئِمُوْنَ ( مْ – ن )                   اَمْ لَمْ تُنْدِ رْ هُمْ ( مْ – ت )الخ ……..

HUKUM IDGHOM
Hukum Idghom dibagi menjadi 3 macam, antara lain:Idghom MutamatsilainArtinya: jika ada huruf yang sama, yang pertama sukun dan yang kedua hidup.
Contoh:اِضْرِ بْ بِعَصَا كَ ( بْ – بِ )Idghom MutajanisainDinamakan Idghom Mutajanisain jika TA sukun bertemu THA, THA sukun bertemu TA, TA sukun bertemu DAL, DAL sukun bertemu TA, LAM sukun bertemu RA, DZAL sukun bertemu ZHA.
Contoh:(تْ- ط )   قَالَتْ طَا ئِفَة ٌ         ( طْ- ت )  لَئِنْ بَسَطْتَ            ( تْ- د )  اَثْقَلَتْ دَ عَوَا( دْ- ت )   قَدْ تَبَيَّنَ                ( لْ- ر )  قُلْ رَبِّ                  ( ذْ- ظ )   اِذْ ظَلَمُوْاIdghom MutaqorribainDinamakan Idghom Mutaqorribain jika TSA sukun bertemu DZAL, QAF sukun bertemu KAF, BA sukun bertemu MIM.
Contoh:( ثْ- ذ )  يَلْهَثْ ذ لِكَ             ( قْ- ك )  اَلَمْ نَخْلُقْكُمْ             ( بْ- م ) يبُنَيَّ ارْ كَبْ مَعَنَا

QALQALAH
Qalqalah artinya memantul. Huruf Qalqalah ada lima, antara lain:ق ط ب ج د biasa disingkat dengan bunyi   قَطْبُ جَدٍّ
Contoh:ق- يَقْرَ أُ          ط- يَطْهَرُ           ب- يَبْخَلُ           ج- يَجْعَلُ           د- يَدْ خُلُ
Qalqalah dibagi dua:Qalqalah SughraAdalah: huruf Qalqalah yang matinya asli, sebagaimana contoh diatas.Qalqalah KubraAdalah: huruf Qalqalah yang matinya disebabkan waqaf.
Contoh:خَلَقَ dibaca               اَحَدٌ dibaca اَحَدْLAFADZ ALLAHHukum lafadz Allah dibagi dua, yaitu:Dibaca tafkhim, jika lafadz Allah didahului harakat fathah atau dhummah.Contoh:وَاللهُ           نَصْرُ اللهِDibaca tarqiq, jika lafadz Allah didahului harakat kasroh.Contoh:بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمنِ ا لرَّ حِيْمِ

HURUF SYAMSIYAH DAN QAMARIYAH
Huruf Syamsiyah dan huruf Qamariyah jumlahnya sama yaitu masing-masing ada 14 huruf.Huruf Syamsiyah: jika ada  ال bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah yang berjumlah 14, antara lain:ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن
Contoh:وَالتِّيْنِ         اَلدُّ نْيَا         وَالشَّمْسِ           النِّعْمَةِالخ……Huruf Qamariyah: jika ada ال   bertemu dengan salah satu huruf hijaiyyah yang berjumlah 14, antara lain:ب ج ح خ ع غ ف ق ك م و ﻫ ء ي
Contoh:اَلْجُمُعَةُ           اَلْخَيْرُ           اَلْفِيْلُ            اَلْكَبِيْرُالخ……
1 5 1