Jawabanmu

2014-09-10T16:02:53+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Info Kesehatan

kebanyakan orang menggunakan buah ini sebagai campuran minuman daripada dimakan langsung, karena rasanya yang segar dan texturnya yang hampir mirip seperti kolang kaling buah ini sangat cocok digunakan sebagai campuran minuman. tak hanya rasanya yang segar ternyata buah lontar ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. berikut adalah kandungan gizi yang tedapat pada buah lontar.

Kandungan Gizi Buah Lontar Per 100 Gram Kandungan Gizi Total Total gula 10,93 Gula reduksi 0,96 Protein                         0,35 Nitrogen                       0,056 pH                                6,7-6,9 Specific gravity            1,07 Mineral sebagai abu     0,54 Fosfor                           0,14 Besi                              0,4 Vitamin C                    13,25 Vitamin B1 (IU)           3,9   diatas adalah kandungan gizi yang terdapat pada setiap 100 gram buah lontar atau buah siwalan. dari kandungan gizi tersebut maka buah siwalan ini memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh berikut adalah manfaat buah lontar selengkapnya.

Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan
1. Sebagai Minuman Isotonic
Pada satu pohon siwalan dapat menghasilkan sekitar enam liter nira. Dan nira tersebut dipercaya dapat digunakan sebagai minuma isotonic seperti minuman sintetik yang ada di pasaran, bahkan lebih bagus karena alamiah.


2. Menjaga Kesehatan Fungsi Ginjal
Legen yang dihasilkan dari pohon siwalan dipercaya bisa membantu kesehatan fungsi ginjal. Bahkan ada beberapa jenis legen (tergantung dari kualitas pohon) yang bisa mengobati penyakit impotensi. namun anda perlu hati hati dalam memilih legen pasalnya tak sedkiti penjual legen yang telah mencampurnya dengan bahan lain.


3. Sebagai Obat Lever
Bunga siwalan atau abu mayang (spadix) dapat digunakan untuk pengobatan sakit lever. Adapun arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Rebusan kulit batang ditambah garam, berkhasiat sebagai obat pembersih mulut.


4. Sebagai obat kulit (dermatitis)
Bagian buah tua dapat digunakan sebagai obat kulit (dermatitis), akar yang terdiri atas ekstrak akar muda untuk melancarkan air seni dan obat cacing. Rebusan akar muda (decontion) untuk mengobati penyakit yang terkait dengan pernapasan.


5. Nira siwalan atau legen sangat mudah terkontaminasi karena mengandung nutrisi yang lengkap seperti gula, protein, lemak dan mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan mikroba.
semoga membantu


5 3 5
2014-09-10T16:38:26+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Daunnya digunakan sebagai bahan kerajinan dan media penulisan naskah lontar. Barang-barang kerajinan yang dibuat dari daun lontar/siwalan antara lain adalah kipas, tikar, topi, aneka keranjang, tenunan untuk pakaian dan sasando, alat musik tradisional di Timor. Sejenis serat yang baik juga dapat dihasilkan dengan mengolah tangkai dan pelepah daun. Serat ini pada masa silam cukup banyak digunakan di Sulawesi Selatan untuk menganyam tali atau membuat s. Kayu dari batang lontar bagian luar bermutu baik, berat, keras dan berwarna kehitaman dan kuat. Kayu ini kerap digunakan orang sebagai bahan bangunan atau untuk membuat perkakas dan barang kerajinan. Dari karangan bunganya (terutama tongkol bunga betina) disadap orang nira(legan) lontar/siwalan. Nira(legen) ini dapat dimasak menjadi gula atau difermentasi menjadi tuak, semacam minuman beralkohol buatan rakyat. Buahnya juga dikonsumsi, terutama yang muda. Biji yang masih muda itu masih lunak, demikian pula batoknya, bening lunak dan berair . Rasanya mirip kolang-kaling, namun lebih enak. Biji yang lunak ini kerap diperdagangkan di tepi jalan sebagai “buah siwalan”. Adapula biji siwalan ini dipotong kotak-kotak kecil untuk bahan campuran minuman es dawet siwalan yang biasa didapati dijual didaerah pesisir Jawa Timur, Paciran, Tuban. Rasa minuman es dawet siwalan ini terasa lezat karena gulanya berasal dari sari nira/legen asli.
1 1 1