Jawabanmu

2014-03-01T13:32:34+07:00
1.       Reg weda Terdiri dari 10552 mantra, isinya syair-syair  pujaan .Reg Weda adalah yang  tertua  dan terpenting . Isinya  dibagi atas sepuluh Mandala , karena menunjukkan  kebenaran yang mutlak , yang mantranya di ucapkan untuk mengundang , mendekaykan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan manifestasinya yang di puja untuk menghandiri  pada saat upacara oleh pemimpin upacara.   2.       Sama Weda Terdiri dari 1875 mantra , yang  isinya ampir seluruhnya diambil dari Reg Weda, kecuali bebera nyanyian suci yang dinyanyikan pada waktu upacara dilakukan .Penyampaian nyanyian itu diberi lagu yang diucapkan yang disebut dengan  Udgatr.
3.       Yajur Weda Terdiri dari  1975 mantra, berbentu prosa yang isinya berupa Yajur atau rapal dan doa , yang dimencelakan ucapkan oleh pemimpin upacara bernama Adwaryu , yaitu pada saat dilaksanakannya upacara korban /yadnya, Fungsi rapal itu bukan untuk memuja para dewa , melainkan untuk mengubah upacara korban yang dipersembahkan menjadi makanan yang dapat diterima oleh para dewa , dengan mengucapkan berulang-ulang disertai dengan menyebutkan  nama Dewa yang dihadirikan .
4.       Atharwa Weda  Terdiri dari 5987 mantra berbentuk prosa yang isinya berupa mantra-mantra dan kebanyakan bersifat magis yang memberikan   tuntunan hidup sehari-hari , yang berhubungan dengan hidup keduniawian seperti yang  tampak seperti dalam  sihir, tenung, pendukunan. Isi sihir-sihir dimaksud dengan tujuan untuk menyembuhkan orang-orang sakit, mengusir Roh-roh jahat , mencelakan musuh dan sejenisnya.