Jawabanmu

2014-09-10T15:38:00+07:00
Jawaban paling cerdas!
2014-09-10T15:40:57+07:00
Untuk menjalankan kekuasaannya, pemerintah Inggris mengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai Gubernur Jendral di Indonesia. Ia dibantu oleh sebuah Dewan pensehat yang terdiri dari 3 orang, yaitu Gillespie, Cranssen, dan Montighe. Raffles memerintah berdasarkan prinsip-prinsip liberialisme yaitu suatu jaran yang menjunjung tinggi kebebasan individu. Raffles ingin meniru praktek pemrintah Inggris di Indonesia.Dalam memerintah Indonesia, Raffles melakukan bebebrapa kebijakan, diantaranya :a.       dalam bidang pemerintahan1)      Membagi pulau Jawa menjadi 16 karesidenan2)      Mengurangi kekuasaan pada bupati (bupati dijadikan pegawai pemerintah dengan gaji)
b.      Dalam bidang ilmu pengetahuan1)      Menyusun buku sejarah „History Of Java“ (sejarah jawa)2)      Bersama Arnodi telah menemukan bunga bangkai raksasa yang kemudian diberi nama rafflesia Arnoldi3)      Membatu dan menyongkong perkumpulan kebudayaan dan ilmu pengetahuan, seperti Bataviaasch Genootschap di harmoni, Jakarta
c.       Dalam bidang ekonomi dan keuangan1)      Menghapus segala bentuk penyerahan wajib dan penyerahan hasil bumi2)      Melarang adanya perbudakan3)      Menganjurkan perdagangan bebas4)      Memberlakukan system pajak tanah atau “landrete
3 5 3