Jawabanmu

  • Pengguna Brainly
2014-09-10T15:00:24+07:00
Batik Kraton Penjelasan : semula dari seluruhnya type batik yang berkembang di Indonesia. Motifnya memiliki kandungan arti filosofi hidup. Batik-batik ini di buat oleh beberapa putri kraton serta juga pembatik-pembatik pakar yang hidup di lingkungan kraton. Pada intinya motifnya terlarang untuk dipakai oleh orang “biasa” seperti motif Batik Parang Barong, Batik Parang Rusak terhitung Batik Udan Liris, serta sebagian motif yang lain. 
Batik Cuwiri Penjelasan : meruapakan motif batik yang memakai zat pewarna soga alam. Umumnya batik ini dipakai untuk semekan serta kemben, juga dipakai pada waktu upacara mitoni. Motif batik ini umumnya memakai unsur meru serta gurda. Cuwiri sendiri mempunyai makna kecil-kecil serta diinginkan untuk penggunanya layak serta dihormati 
Batik Pringgondani Penjelasan : Nama kesatriyan rumah Gatotkaca putera Werkudara. Motif ini umumnya dipertunjukkan dalam beberapa warna gelap seperti biru indigo (biru nila) serta soga-coklat, dan penuh sulur-suluran kecil yang diselingi dengan naga. 
Batik Sekar Jagad Penjelasan : satu diantara motif batik khas Indonesia. Motif ini memiliki kandungan arti kecantikan serta keindahan hingga orang lain yang lihat bakal kagum. Ada juga yang berasumsi bahwasanya motif Sekar Jagad sesungguhnya datang dari kata “kar jagad” yang di ambil dari bhs Jawa (Kar=peta ; Jagad=dunia), hingga motif ini dapat melambangkan keragaman di semua dunia. 
Batik Sida Luhur Penjelasan : Motif-motif bermulaan sida (di baca sido) adalah kelompok motif yang banyak di buat beberapa pembatik. Kata “sida” sendiri bermakna jadi/jadi/terwujud. Karena, motif-motif bermulaan “sida” memiliki kandungan harapan supaya apa yang di idamkan bias terwujud.
2014-09-10T15:01:58+07:00
1.Motif batik Ceplok ini mencakup berbagai macam desain geometris, biasanya didasarkan pada mawar melingkar, bintang atau bentuk kecil lainnya, membentuk pola simetris keseluruhan pada kain.
2.Motif batik kawung ini dikenal dengan motif batik tertua, dulunya disediakan untuk keluarga kerajaan. Motif kawung ini merupakan penampang buah aren kelapadan beberapa mengatakan salib di antara empat oval mengacu pada sumber energi universal.
3.Motif batik parang dikenal familiar sebagai pola pedang atau keris oleh orang luar. panggilan jawa motif lidah api, biasa juga disebut motif parang lidah api.
4.Design motif batik lereng adalah baris diagonal pola di antara motif parang, banyak ditemukan untuk polanya hanya deretan garis diagonal sempit penuh dengan seluruh array pola kecil. Merupakan salah satu pola lama disediakan untuk keluarga istana kerajaan.
5.Motif batik nitik sendiri terkenal dengan motif batik tertua karena dulunya terinspirasi oleh kain tenun dengan patola yang dibawa oleh para pedagang gujarat dari india. dengan design titik titik serta geometri.
1 5 1