Jawabanmu

2014-09-10T08:54:30+07:00
Nomina dengan afiks -wan/-wati mengacu pada:
orang yang ahli dalam bidang tertentu,orang yang mata pencarian atau pekerjaannya dalam bidang tertentu, atauorang yang memiliki barang atau sifat khususPada mulanya arti akhiran ini hanya sebatas "orang yang ...". Contoh:
Bangsawan - orang yang memiliki bangsaHartawan - orang yang memiliki hartaRupawan - orang yang memiliki rupa yang elokJutawan, dermawan, setiawan, dll.Dalam perkembangan bahasa Indonesia, akhiran "-wan" mengalami perluasan makna, sehingga dapat bermakna "orang yang ahli dalam bidang ...". Contoh:
Ilmuwan - orang yang ahli dalam bidang ilmu tertentuNegarawan - orang yang ahli dalam bidang ilmu negaraFisikawan - orang yang ahli dalam bidang fisikaSastrawan, bahasawan, sejarawan, budayawan, rohaniwan, Wikipediawan, dll.Jenis perluasan yang kedua adalah yang bermakna "orang yang berprofesi dalam bidang ...". Contoh:
Usahawan - orang yang berprofesi dalam bidang usaha tertentuOlahragawan - orang yang berprofesi dalam bidang olahragaPeragawan - orang yang berprofesi dalam bidang peragaanPustakawan, wartawan, karyawan, dll.
2014-09-10T08:56:31+07:00
Bha.. iyo nanti saya sms ko...!!!
tanya mie sj pak iko bilang saya anak nya mama risna..