1. Setiap muslim diperintah
untuk melakukan mujahadah
an-nafs supaya hidupnya
bahagia. Bagaimana cara
menerapkan mujahadah an-
nafs dalam kehidupan sehari-
hari ?
2. Apa yang akan kamu
lakukan jika mengetahui ada
dua orang mukmin sedang
berselisih pendapat ?
3. QS Al-Hujurat ayat 10
mengandung pesan-pesan yang
mulia. Jelaskan kandungan QS
Al-Hujurat ayat 10 !
4. Seseorang yang terbiasa
husnudzan akan memperoleh
banyak manfaat dan hikmah.
Sebutkan manfaat dan hikmah
orang yang berhusnudzan !
5. Sebutkan hukum bacaan
ikhfa’ , idzhar, dan idgham
bighunnah yang terdapat
dalam QS Al-Anfal ayat 72 !

1

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-10T06:14:43+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Cara pertama, yaitu dengan memusuhi hawa nafsu. Tanamkanlah dalam hati kalian bahwa hawa nafsu harus diperangi dan dilawan. Kedua, renungkanlah dampak negatif dari13 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMK Kelas Xperilaku maksiat, dan renungkanlah akibat positif beramal shaleh. Setiap perbuatan dosa dan maksiat akan berakibat buruk bagi diri sendiri, misalnya hati gelisah, hidup tidak tenang, dan merasa jauh dari Allah SWT. Sebaliknya, amal shaleh akan berakibat positif bagi dirinya, misalnya hidup tenang, optimis, merasa dekat dengan Allah SWT. Ketiga, memperbanyak dan melanggengkan dzikir kepada Allah SWT (dzikrullah).

2. Melerainya
3.
Ayat ini menegaskan bahwa orang-orang mukmin itu bersaudara. Persaudaraan (ukhuwah) diantara sesama mukmin adalah persaudaraan yang dilandasi oleh persamaan aqidah dan keimanan kepada Allah SWT. Persaudaraan yang didasari oleh nilai-nilai Islam dikenal dengan istilah ukhuwah Islamiyah. Ukhuwah Islamiyah mencakup :1) Ukhuwah DiniyyahYaitu persaudaraan yang didasari oleh persamaan agama. Persaudaraan seagama dan seiman inilah yang dimaksud oleh QS Al-Hujurat ayat 102) Ukhuwah Wathaniyah wa an-nasabYaitu persaudaraan karena satu bangsa dan keterikatan keturunan.3) Ukhuwah Insaniyyah atau basyariyyahYaitu persaudaraan karena sama-sama manusia
4.
Husnudzan kepada Allah SWT dapat dilakukan dengan dua sikap yaitu:Pertama, bersyukur atas semua nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Bagaimana cara bersyukur ?. Caranya dengan mengucapkan alhamdulillah, dan menggunakan nikmat sesuai petunjuk Allah SWT dan rasul-Nya. Kedua, bersabar atas semua cobaan dan ujian dari Allah SWT. Ingatlah bahwa Allah SWT tidak akan membebani seseorang diluar batas kemampuannya.Husnudzan kepada orang lain dapat dilakukan dengan sikap sebagai berikut :Pertama, mudah memaafkan kesalahan orang lain. Kedua, melihat seseorang dari sisi baiknya. Ketiga, mengingat-ingat kebaikan yang pernah dilakukan oleh seseorang. Keempat, bertutur kata dan berperilaku lemah lembut kepada orang lainHusnudzan kepada diri sendiri dapat dilakukan dengan sikap sebagai berikut :Pertama, percaya diri, meyakini bahwa dirinya mampu melakukan sebuah pekerjaan. Kedua, optimis menghadapi hidup, tidak mudah putus asa. Ketiga, berusaha dan bekerja keras meraih cita-cita.
5. Maaf saya belum ngerti =D
17 4 17