Jawabanmu

2014-09-09T20:46:38+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Karena akar 7 hasilnya 2.645.jadi itu bukan bilangan rasional 
27 3 27
Langkah 2. Ingat bahwa syarat bilangan rasional adalah bilangan yang dapat direpresentasikan dengan a/b, sehingga, √7= a/b, dengan syarat bahwa merupakan bentuk yang paling kecil (istilah: unreduced form) atau tidak bias disederhanakan lagi dengan kata lain bahwa a dan b adalah bilangan bulat yang paling kecil. Ketentuan ini penting karena akan digunakan untuk membuktikan ada tidaknya kontradiksi.
Sehingga √7.b (diperoleh dari a=√7b) adalah bilangan bulat dan b adalah bilangan pengali yang paling kecil (syarat untuk unreduced form) terhadap √7 untuk bukti kebenaran.
Langkah 3. Kemudian dari √7b kita kalikan dengan (√7-2) (ingatini dari hasil langkah 1). Sehingga diperoleh 7b-2√7b. 7b adalah bilangan bulat, √7b juga bilangan bulat. Dari hasil tersebut kemudian dimodofikasi menjadi (√7b-2b) √7. (√7b-2b) kita rubah menjadi variable p untuk menyederhadakan, sehingga dapat dinyatakan menjadi √7p. √7p adalah sama dengan (√7b-2b)√7.
Langkah 4. Ingat bahwa 0<(√7-2)<1 (langkah 1). Jika kita kalikan semuanya dengan b, maka akan menghasilkan 0<(√7b-2b)<b. Atau dapat kita tulis dengan 0<p<b (karena (√7b-2b)=p, lihat langkah 3). Dari hasil ini berarti bahwa p<n dan apabila dikalikan dengan √7 maka √7p<√7b. kita sudah menetapkan bahwa √7p dan √7b adalah bilangan bulat, dan kita juga telah tetapkan bahwa b adalah nilai terkecil (langkah 2) sebagai bilangan pengali untuk menghasilkan bilangan bulat.
Namun, ternyata dibuktikan bahwa √7p<√7b dan terdapat kontradiksi. Oleh karena itu, √7 adalah bilangan irrasional.