Jawabanmu

2014-02-28T19:23:18+07:00
Teknik pengecatan dengan menggunakan cat khusus tekstil sangat praktis karena tidak menggunakan alat yang canggih / rumit cukup dengan kuas,kentang,labu siam,kaca atau pelepah pisang sebagai media,sehingga sangat memungkinkan dipakai didaerah dan tidak memerlukan waktu lama.Bahan cat tekstil sangat mudah didapat di toko sablon dan harganyapun dapat terjangkau. Zat pewarna tekstil adalah suatu bahan untuk memberi warna pada kain,sehingga kain yang tadinya berwarna putih bisa berubah warna sesuai yang di kehendaki.Untuk memberi warna secara menyeluruh pada kain dilakukan proses pencelupan.Selain itu pewarna tekstil bisa juga memberi motif dengan teknik pengecatan dan pengecapan.Ada beberapa pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang yang akan menekuni keterampilan ini yaitu,Pengetahuan tentang jenis kain perbedaan antara,kain katun sutera ,wol dan sintetisPengetahuan tentang cara pencampuran warna (teori warna),warna primer (merah,kuning,biru) warna scundair yaitu campuran warna-warna primer (merah+ kuning= jingga,merah+ biru=ungu,uiru+kuning=hijau) warna tertier campuran antara warna primer dan secundair (ungu kemerah-merahan,hijau kebiruan,dll variasi warna lebih banyak).Teknik dasar menghias kain,pembuatan ragam hias,keterampilan pembuatan media dan ketepatan pemakaian alat dan  mediaSikap kerja adalah  yang menjadi perhatian yaitu ketekunan dan ketelitian serta kerapihan dalam bekerja untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
3 5 3
2014-02-28T19:27:05+07:00
1. Persiapan proses pencelupan dan pencapan yaitu proses-proses yang dilakukan terhadap kain sebelum dilakukan proses basah baik untuk bahan kapas maupun bahan dari serat sintetik meliputi penumpukan kain,pemberian kode, penyambungan kain, relling,relaxing.
2. Proses persiapan pencelupan dan pencapan: proses pembakaran bulu, penghilangan kani, pemasakan,pengelantangan,merserisasi, dan proses persiapan untuk kain sintetik meliputi pengurangan berat, dan termofixztion (heat seating),
3. Pencelupaan: tentang jenis kain yang dicelup, zat warna yang digunakan, teknologi yang diterapkan dalam proses pencelupan.
4. Pencapan: persiapan pencapan, teknik pencapan, prosedur pencapan, persiapan gambar, pengental, pasta cap, proses pencapan dengan berbagai zat warna, pencapan pada bahan non tekstil, fiksasi, pencucian kain dan diakhiri dengan proses pembuatan batik.

4 3 4