Jawabanmu

2014-09-10T12:56:27+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Indonesia merupakan suatu negara kepulauan yang memiliki wilayah laut yang sangat luas. Wilayah kedaulatan Yuridis Indonesia terbentang dari 6o08I LU hingga 11o15I LS dan 94o45I BT hingga 141o05I BT. Letak pisisi geografis ini sangat strategis, karena menjadi penghubung antar dua samudra besar di dunia yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta menjadi penghubung antar 2 benua yaitu benua Asia dan Australia. Kepulauan Indonesia terdiri dari kurang-lebih 17.508 buah pulau-pulau besar dan pulau kecil dan memiliki garis pantai 81.000 Km, serta memiliki wilayah laut terbesar di dunia yaitu 5,8 juta km2. Hal itu membuat Indonesia memilki sumber daya pesisir dan laut serta keanekaragaman hayati laut tropis terkaya di dunia.
Wilayah laut Indonesia mencakup 12 mil ke arah luar garis pantai. Selain itu Indonesia juga memiliki wilayah yuridiksi nasional meliputi Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) sejauh 200 mil dan landas kontinen sejauh 350 mil dari garis pantai. Dengan ditetapkannya konvensi PBB tentang hukum laut Internasional 1982, wilayah laut Indonesia yang dapat dimanfaatkan diperkirakan mencapai 7,9 juta km2.
Wilayah laut sangat penting bagi bangsa ini dengan dicantumkannya pada GBHN tahun 1993, dan didirikannya Departemen Kelautan dan Perikanan. Undang-undang no. 22 dan 25 tahun 1999 juga mencantumkan kelautan sebagai bagian otonomi daerah. Pengelolaan wilayah laut memang sangatlah penting bagi bangsa ini. Beberapa alasan pentingnya pengelolaan wilayah laut bagi bangsa ini antara lain Indonesia memiliki sumber daya laut yang besar baik ditinjau dari kuantitas dan keanekaragaman hasilnya.
Sumberdaya laut merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Maksudnya adalah seluruh keanekaragaman hayati dan hewani yang ada dalam laut dapat dimanfaatkan oleh warga Indonesia tetapi harus memperhatikan kelestariannya.
Selain itu laut juga bermanfaat sebagai penghasil devisa bagi negara. Udang dan beberapa jenis ikan penting seperti tuna dan cakalan saat ini merupakan komoditi ekspor yang menghasilkan devisa bagi negara yang cukup besar. Terlebih lagi dengan hasil pertambangan minyak bumi  dan gas alam lepas pantai.
Wilayah laut dapat memperluas lapangan pekerjaan. Dengan semakin sempitnya lahan pertanian di arela daratan, dan semakin tingginya persaingan dibidang industri, salah satu alternatif dalam penyediaan lapangan kerja adalah wilayah laut dalam sektor perikanan.
Wilayah pesisir pantai dapat dijadikan pusat pengembangan IPTEK dan industri kelautan.  Selain itu juga daat dijadikan seagai zona yang strategis untuk pusat pengembangan jalur transportasi utama antar pulau.
Dengan meningkatnya pemanfaatan terhadap sumber daya laut yang berkaitan dengan ekonomi, maka aktivitas manusia dalam pemanfaatan sumber daya laut tanpa melihat adanya pemeliharaan teradap kelestarian dan fungsi-fungsi laut lainnya semakin meningkat. Permasalahan-permasalahan yang sering terjadi adalah pencurian dan eksploitasi ikan secara besar-besaran, kerusakan terumbu karang, perburuan liar terhadap hewan air yang ekosistemnya saat ini sudah langka, menipisnya cadangan minyak bumi dan sengketa mengenai batas perbatasan dengan negara tetangga, dll. (http://linkpdf.com/27/02/2011/sumber-daya-laut-indonesia/article/laut-indonesia.pdf)
1 5 1