Jawabanmu

2014-02-28T15:49:35+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Rumusnya W x lb = F x lk
11 3 11
Jawaban paling cerdas!
2014-02-28T15:57:35+07:00
Usaha adalah suatu kegiatan yang menggunakan energi untuk memindahkan suatu benda, dari suatu tempat ke tempat lain.Rumus:Keterangan:W = usaha (newton meter = joule)F = gaya (newton)s = perpindahan (jarak) ---> (meter)Keterangan tambahan:1 N = 105 dyne1 m = 102 cm1 Nm = 107 dyne cm1 J = 107 ergNm = Jdyne cm = ergContoh soalBerapakah usaha yang dilakukan pada gaya 55 Newton apabila menempuh jarak 60 dm dalam arah yang sama?Penyelesaian:
60 dm = 6 m
Berapakah usaha yang dilakukan untuk mengangkat batu seberat 150 kg setinggi 6 meter? (g = 10 m/s2)m = 150 kg ---> Pesawat sederhanaPesawat sederhana adalah suatu alat yang digunakan untuk memudahkan untuk usaha. Jenis-jenis pesawat sederhana:
Tuas atau pengungkitkatrolbidang miringroda bergandarsekrupTuas (pengungkit)Tuas atau pengungkit adalah alat yang digunakan untuk memindahkan atau mengungkit suatu benda. Tuas berbentuk batang yang keras dan panjang, misalnya batang besi (pipa besi).Rumus:
Keterangan:
 = berat beban (Newton) ---> 
 = lengan beban (meter)
 = gaya yang diberikan(Newton) ---> F = kuasa
 = lengan kuasa (meter)
Contoh:
Sebuah batu yang beratnya 2.000 Newton akan diangkat dengan menggunakan tuas yang jaraknya 5 meter. Jika titik tumpunya berada pada jarak 1 meter dari ujung batang yang mengenai batu, berapakah gaya yang harus diberikan pada ujung satunya supaya seimbang?Lengan kuasa = 5 - 1 = 4 meter



Keuntungan mekanisKeuntungan mekanis adalah perbandingan antara beban dan gaya (kuasa) atau perbandingan antara kuasa dengan lengan beban.Rumus keuntungan mekanis:
9 4 9