Jawabanmu

2014-09-09T18:17:03+07:00
Preposisi itu Kata depan
ada preposisi berupa kata dasar atau pun berdampingan

1 1 1
Jawaban paling cerdas!
2014-09-09T18:17:13+07:00
Preposisi atau kata depan adalah kata yang secara sintaksis terdapat di depan nomina, adjektiva, atau adverbia dan secara semantis menandai berbagai hubungan makna antara konstituen di depan dan di belakang preposisi tersebut. Preposisi berada di depan nomina, adjektiva, atau adverbia, sehingga terbentuk frasa preposisional.

Preposisi tunggal terdiri dari satu kata. Preposisi yang berupa kata dasar terdiri dari satu morfem. Contoh: akan, antara, bagi.Preposisi yang berupa kata berafiks dibentuk dengan menambahkan afiks (imbuhan) pada bentuk dasar yang bisa berupa verba, adjektiva, atau nomina. Preposisi yang berupa kata berprefiks, contoh: bersama, menurut, seantero.Preposisi yang berupa kata bersufiks, contoh: bagaikan.Preposisi yang berupa kata berprefiks dan bersufiks, contoh: melalui, mengenai.Preposisi gabungan atau majemuk terdiri atas dua preposisi yang berdampingan atau berkolerasi. Preposisi yang berdampingan terdiri dari dua preposisi yang letaknya berurutan. Contoh: daripada, kepada, sampai ke.Preposisi yang berkorelasi terdiri dari dua unsur yang dipakai berpasangan, tetapi terpisah oleh kata atau frasa lain. Contoh: antara ... dengan, dari ... ke.Preposisi dengan nomina lokatif bergabung dengan dua nomina yang nomina pertamanya mempunyai ciri lokatif atau menunjukkan lokasi. Contoh di atas meja, ke dalam rumah, dari sekitar kampus.
Penanda hubungan tempat: di, ke, dari.Penanda hubungan peruntukan: bagi, untuk.Penanda hubungan sebab: karena, sebab.Penanda hubungan kesertaan atau cara: dengan, sambil, beserta, bersama.Penanda hubungan pelaku: oleh.Penanda hubungan waktu: pada, hingga, sampai, sejak, semenjak, menjelang.Penanda hubungan ihwal peristiwa: tentang, mengenai.Penanda hubungan milik: dari.

2 5 2