Jawabanmu

2014-09-09T17:14:43+07:00
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur naratif, resepsi pembaca dan dinilai pendidikan yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi. Dengan demikian, setelah membaca hasil penelitian ini pembaca memperoleh gambaran secara jelas, rinci, dan sistematis baik secara kritis maupun akademis tentang struktur naratif, resepsi pembaca, dan nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi.
Penelitian ini berbentuk kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan strukturalisme dan resepsi sastra yang ditempuh melalui metode content analysis (analisis isi). Kegiatan yang dilakukan adalah membaca, mencermati, menafsirkan, dan menganalisis isi novel Laskar Pelangi. Hasil dari kegiatan tersebut dideskripsikan dalam bentuk kalimat-kalimat. Penelitian dilaksanakan selama lebih kurang enam bulan, yaitu mulai bulan Mei 2009 sampan dengan bulan Oktober 2009.
Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) informan, yaitu seseorang yang mampu memberikan keterangan-keterangan dan informasi secara jujur, nyata dan lengkap serta mampu memberikan tanggapan terhadap isi novel Laskar Pelangi, (2) dokumen, yaitu novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Penerbit Bentang pada bulan September 2005 dan (3) buku-buku literatur yang relevan.
Teknik pengumpulan data dengan wawancara informan dan analisis dokumen. Wawancara dilaksanakan untuk mengumpulkan data tentang resepsi pembaca novel Laskar Pelangi. Alat yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu lembar wawancara berupa daftar pertanyaan. Sementara itu analisis dokumen dilaksanakan untuk menggali data tentang struktur naratif yang membangun cerita. novel Laskar Pelangi dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya.
Setelah diadakan penelitian dapat disimpulkan bahwa dilihat dari struktur, plot atau alur novel Laskar Pelangi secara umum menggunakan plot atau alur maju. Penokohan dan perwatakan yang diciptakan pengarang berhasil menggambarkan secara riil karakter manusia. Di setting atau latar cerita, tempat kejadian cerita novel Laskar Pelangi yaitu di SD Muhammadiyah di wilayah Belitong. Berdasarkan point of view novel Laskar Pelangi menggunakan sudut pandang persona pertama (firt-person) atau gaya “aku”. amanat, novel Laskar Pelangi banyak memberi pencerahan para pendidik, generasi muda, dan para pemegang kebijakan di bidang pendidikan.
Berdasar resepsi pembaca, semua pembaca yang diwawancarai berpendapat bahwa novel Laskar Pelangi merupakan novel yang bernilai positif, novel yang dapat meningkatkan kualitas tingkah laku dan kecerdasan moral pembaca..
Adapun nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi setidaknya ada empat macam, yaitu nilai pendidikan keagamaan nilai pendidikan moral, nilai pendidikan kepahlawanan, dan nilai pendidikan sosial kemasyarakatan.
Kata Kunci : struktur, resepri, nilai
bagaimana struktur teks sebuah novel laskar pelangi ?