autoredoks adalah reaksi redoks yang oksidator dan reduktornya merupakan zat yang sama. Jadi, sebagian dari zat itu mengalami oksidasi dan sebagian lagi mengalami reduksi.
Zat yang sama itu contohnya gimana ya?
Autoredoks adalah reaksi yang melibatkan zat yang mengalami sekaligus reaksi oksidasi dan reaksi reduksi. Illustrasi berikut memperlihatkan pengertian autoredoks.
contoh:

1) Cl2 (g) + 2 NaOH (aq) NaCl (aq) + NaClO (aq) + H2O (l)

Dari reaksi di atas terlihat bahwa Cl2 mengalami penurunan bilangan oksidasi sekaligus pertambahan bilangan oksidasi atau mengalami reduksi

sekaligus oksidasi, maka reaksi di atas disebut sebagai autoredoks .

Jawabanmu

2016-06-04T09:10:13+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Autoredoks atau disebut juga Reaksi Konproporsionasi adalah reaksi yang melibatkan zat yang mengalami sekaligus reaksi OKSIDASI dan reaksi REDUKSI.

Contoh :
4 H+ (aq) + 2 Cu₂(s)  2 Cu(s) + 2 Cu²⁺ (aq) + 2 H₂(l)

Dari reaksi di atas terlihat bahwa :
Cu mengalami penurunan bilangan oksidasi sekaligus pertambahan bilangan oksidasi atau mengalami reduksi sekaligus oksidasi,

maka reaksi di atas disebut sebagai autoredoks .
1 3 1