Jawabanmu

2014-02-27T21:29:57+07:00
Tidak menggunakannya secara berlebihan dan mengurangi pemakaiannya.
4 3 4
2014-02-27T21:30:47+07:00
Pakailah Lampu Hemat Energi
Lampu hemat energi dari jenis CFL (compact fluorescent light) dan LED (light emiting diode) menggunakan daya listrik yang jauh lebih kecil dari pada lampu filament (lampu kawat pijar) untuk menghasilkan daya terang yang sama.
Matikan Alat Listrik yang Tidak Terpakai
Menyalakan alat listrik yang tidak terpakai seperti TV dan AC saat meninggalkan ruangan merupakan pemborosan daya listrik. Matikan alat-alat listrik yang tidak diperlukan.
Gunakan Energi Listrik Lebih Efisien
Menyetrika pakaian sekali sehari akan lebih hemat listrik daripada menyetrika pakaian dalam jumlah yang sama dua kali sehari karena setrika listrik memerlukan energi ekstra untuk pemanasan sebelum dapat digunakan. Energi listrik yang digunakan sebuah mesin cuci untuk mencuci 5 potong pakaian tidak jauh berbeda dengan energi yang diperlukan untuk mencuci 10 potong pakaian.
Ikuti Saran Penggunaan Alat Listrik Secara Hemat
Anda sebaiknya mengetahui cara menggunakan alat listrik secara hemat energi. Contohnya sering membuka kulkas akan mengurangi efisiensi pendinginan di dalam kulkas. Membiarkan jendela terbuka pada ruang ber-AC akan mengurangi efisiensi pendinginan AC.
Pilih Alat Elektrik dan Alat Elektronik yang Memilih Fitur Hemat
Produsen alat elektrik dan alat elektronik telah didorong untuk menciptakan produk yang lebih ramah energi. Teknologi hemat energi misalnya diterapkan untuk mematikan secara otomatis TV yang dapat mendeteksi jika tidak ada yang penonton atau mematikan layar komputer setelah beberapa menit tidak digunakan.
Buka Jendela dan Gorden di Siang Hari
Membuka jendela dan gorden di siang hari akan memaksimalkan pencahayaan di siang hari sehingga mengurangi kebutuhan listrik untuk menyalakan lampu di siang hari. Membuka jendela juga bermanfaat untuk mengurangi hawa panas di dalam rumah sehingga anda mungkin tidak memerlukan pendingin udara atau kipas angin.

2 5 2