Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-09-08T23:44:18+07:00
SIDANG BPUPKI
Sidang BPUPKI berlangsung pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Siding ini membicarakan tentang dasar fisafat Negara Indonesia Merdeka yang dikenal sebagai Pancasila. Tokoh-tokoh yang mengusulkan Dasar Negara diantaranya Muh. Yamin, Soekarno, Dr. Supomo.
Radjiman         : Pada tanggal 29 Mei 1945 ini akan diresmikan BPUPKI dan sekaligus pembukaan sidang untuk merumuskan Dasar Negara. Sidang saya buka. (mengetuk palu)
Pada tanggal 29 Mei 1945 Muh. Yamin mengemukakan rancangan Dasar Negara.
Yamin             : 5 Dasar Negara yang akan saya ajukan saat ini diantaranya, Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat.Radjiman         : Baik, siding hari ini dicukupkan sekian.(mengetukl palu)
Pada tanggal 31 Mei 1945 Dr. Supomo mengemukakan rancangan Dasar Negara.
Supomo           : 5 Dasar Negara yang akan saya ajukan yaitu Persatuan, Kekeluargaan, Mufakat dan Demokrasi, Musyawarah, Keadilan Sosial.Radjiman         : Ya, baiklah. Siding hari ini di cukupkan. (mengetuk palu)
Pada tanggal 1 Juni 1945 Soekarno mengemukakan rancangan Dasar Negara.
Soekarno         : Yang akan saya ajukan sebagai 5 Dasar Negara yaitu Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, Ketuhanan Yang Maha Esa.Radjiman         : Ya, siding hari ini cukup. (mengetuk palu)
2 4 2
2014-09-08T23:47:48+07:00
Mr. Moh. Yamin : ”Dalam sidang hari ini, saya mengajukan usulan mengenai dasar Negara yang berwujud tulisan maupun dalam bentuk lisan. Berikut rumusan secara lisan :                                  
a.         
Peri Kebangsaan
                                
 
b.         
Peri Kemanusiaan
                                  
c.          
Peri Ketuhanan
                               
  
d.         
Peri Kerakyatan
                                  
e.         
Peri Kesejahteraan Rakyat
·         
Secara tertulis :
                                              
a.         
Ketuhanan Yang Maha Esa
                                            
 
b.         
Kebangsaan Persatuan Indonesia
                                              
c.          
Rasa kemanusiaan yang Adil dan Beradab
                                             
d.         
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
                                              
e.         
Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia
Keesokan harinya, sidang dilanjutkan (31 Mei 1945) 
Prof. Dr. Soepomo : “Sidang hari kedua ini, saya ingin menyumbangkan ide pikiran saya. Usulan tersebut antara lain :
                                
  
a.         
Persatuan
                                
 
b.         
Kekeluargaan
                                 
 
c.          
Keseimbangan Lahir dan Batin
                                
 
d.         
Musyawarah
                                  
e.         
Keadilan Rakyat
Hari terakhir sidang 1 Juni 1945Ó 
 
Ir. Soekarno : “Saya selaku anggota BPUPKI, ingin turut serta dalam perumusan dasar Negara. Saya mengusulkan :
                                 
 
a.         
Kebangsaan Indonesia
                              
   
b.         
Internasionalisme
                                  
c.          
Mufakat
                                 
d.         
Kesejahteraan Sosial
                                 
 
e.         
Ketuhanan Yang Maha Esa
saya mengusulkan halini diberi nama pancasiloa yaitudapat diartikan sebagai 5 aturan (sila)

Dengan dilaksanakan persidangan kedua pada 10-16 Juli 1945, maka selesailah sidang BPUPKI yang pertama. Sebelum diadakannya persidangan ke 2, BPUPKI sempat membentuk panitia kecil yang menampung saran & pendapat mengenai dasar Negara.

Ir. Soekarno : “Bolehkah saya berpendapat ?
Ketua BPUPKI :”Baiklah silahkan”
Ir.Soekarno :”Bagaimana jika dalam masa rehat ini,digunkan untuk membentuk suatu badan yang menampung Saran dan pendapat mengenai dasar Negara.”
Ketua BPUPKI :”Baiklah,siapa yang yang ingin ikut dalam suatu badan ini.Tapi jangan lupa akan tugas yang harus diselesaikan secepatnya dan harus dirundingkan kembali dalam sidang BPUPKI ke 2.

kalau ingin lebih lengkap silahkan lihat di youtube. ;)