Jawabanmu

2014-09-08T22:52:51+07:00
1) Proses filtrasi (penyaringan). Darah melalui aorta akan masuk ke glomerulus. Di glomerulus plasma darah disaring. Zat berupa air, garam, gula, dan urea akan disaring. Proses ini menghasilkan urine primer
2) Proses reabsorpsi (penyerapan kembali). Setelah disaring, plasma darah masuk ke tubulus kontortus proksimal. Di sini terjadi penyerapan kembali zat-zat yg masih berguna bagi tubuh. Terbentuklah urine sekunder. Setelah itu, zat yang tidak berguna bagi tubuh akan disalurkan ke tubulus kontortus distal. Sesampainya di lengkung henle, terjadi penyerapan natrium.
3) Proses augmentasi. Proses augmentasi adalah proses dimana urine sekunder akan masuk ke tubulus kontertus distal melewati lengkung henle. Di proses ini, urine berubah menjadi pekat karena kehilangan H2O / air. Proses ini menghasilkan urine sesungguhnya yang kemudian disimpan di kantung kemih.

Proses nya gitu. Kalo mau dilanjutin, nanti setelah augmentasi, urine disimpan di kantung kemih. Kapasitas kantung kemih adalah 300ml. Jadi jika kantung kemih akan terisi penuh, maka tubuh kita akan dirangsang untuk mengeluarkan urine. Seperti itu semoga bermanfaat:)