Jawabanmu

2014-09-08T22:01:18+07:00
Pancasila dan Semboyan “Bhineka Tunggal Ika” 

Semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang ada pada pita yang dicengkram oleh burung garuda, berasal dari Kitab Negarakertagama yang dikarang oleh Empu Prapanca pada zaman kekuasaan kerajaan Majapahit. Pada satu kalimat yang termuat mengandung istilah “Bhinneka Tunggal Ika”, yang kalimatnya seperti begini: “Bhinneka tunggal Ika, tanhana dharma mangrwa. “ 
Sedangkan istilah Pancasila dimuat dalam Kitab Sutasoma yang ditulis oleh Empu Tantular yang berisikan sejarah kerajaan bersaudara Singhasari dan Majapahit. Istilah Pancasila ini muncul sebagai Pancasila Karma, yang isinya berupa lima larangan sebagai berikut: 

1.Melakukan tindak kekerasan 
2.Mencuri 
3.Berjiwa dengki 
4.Berbohong 
5.Mabuk (oleh miras) 

Istilah Pancasila sebagai dasar negara dengan istilah Pancasila Karma dalam kitab sukasoma merupakan referensi istilah saja.
4 2 4
Jawaban paling cerdas!
2014-09-08T22:02:02+07:00
Pancasila berhubungan dengan semboyan negara kita yakni bhineka tunggal ika. hal itu dapat dilihat dari makna sila-sila yang terkandung dalam pancasila
6 3 6