Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-28T16:58:34+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Unsur instrinsik : 1. Tema
Tema novel Layar Terkembang yaitu emansipasi wanita,Hal ini ditunjukkan dalam pidato-pidato,sikap dan pemikiran Tuti.Pidato-Pidato Tuti berisi perjuangan kaum wanita agar setara dengan kaum laki-laki.

2. Amanat
Amanat dalam novel ini adalah agar kaum perempuan berjuang menyejajarkan dirinya dengan kaum pria.

3. Latar
Latar di kota Jakarta.Namun, ada beberapa tempat yang menjadi latar sampingan yaitu seperti di kota Solo.Bandung,Martapura,Pacet dan Sindanglaya.

4. Tokoh
Tokoh protagonis yaitu Tuti,Tokoh antagonis yaitu Maria,Tokoh sampingan antara lain; Yusuf,Raden Wiraatmaja,Rukamah, dan Saleh.

5.Teknik Perwatakan/ Penokohan
Teknik perwatakan di sini sudah mulai dengan watak bulat.Tidak dianalisis secara langsung seperti dalam Siti Nurbaya.
Contoh” Tokoh Tuti adalah wanita yang serius,pandai,kuat,teguh pendirian,dan mempunyai pandangan yang selalu ingin memajukan kaum wanita.”
“Tokoh Maria adalah wanita yang lemah,suka bergurau,ramah,murah senyum dan manja”

6.Plot atau Alur
Plot dalam Layar terkembang adalah plot lurus (alur maju).Hal ini dapat ditunjukkan dengan dimulainya pertemuan antara Yusuf dengan Tuti dan Maria,dan berakgir Maria Meninggal dan Yusuf dan Tuti berniat akan menikah.

7. Gaya Bahasa
Gaya bahasa pada Pujangga Baru tidak menggunakan perumpamaan klise,pepatah,dan peribahasa.Gaya bahasa yang digunakan dalam Layar Terkembang adalah ungkapan.Ungkapan-ungkapan tersebut seperti ,omong kosong,membabi buta dan lain sebagainya.

8.Sudut Pandang dan Pengisahan
Pusat pengisahan Layar Terkembang menggunakan metode orang ketiga
Contoh;....gadis berdua itu adik dan kakak, hal ini terang kelihatan pada air mukanya. Meskipun muka ........

9.Sisipan dalam Novel
Layar terkembang tidak memiliki banyak sisipan seperti Siti Nurbaya, karena tidak banyak sisipan-sisipan cerita, dongeng,atau pantun.


19 4 19