Jawabanmu

2014-09-08T21:28:51+07:00
Ovulasi adalah proses pengeluaran novum yg sudah matang dari ovarium
Jawaban paling cerdas!
2014-09-08T21:29:29+07:00
Pengertian Ovulasi dan Cara mengetahui kapan
Waktu Ovulasi
Apa sih ovulasi itu? Rata-rata dalam setiap siklus
menstruasi, satu atau beberapa sel telur akan
tumbuh dan matang. OVULASI merupakan proses
pelepasan telur yang telah matang tersebut dari
dalam rahim untuk kemudian berjalan menuju tuba
falopi untuk dibuahi. Proses ini biasanya terjadi 16
hari setelah hari pertama siklus menstruasi atau 14
hari sebelum haid berikutnya.
Seorang wanita dikatakan sedang subur, jika ia
melepaskan sel telur yang telah matang agar dapat
dibuahi oleh sperma. Masa subur wanita hanya
berlangsung selama 24 – 48 Jam, sedangkan
kemampuan sperma untuk membuahi sel telur
diperkirakan sekitar 48 – 72 jam.. Kemampuan
terbaik sel telur untuk dibuahi oleh sp3rma adalah
pada saat jam-jam pertama setelah pelepasan,
begitu pula sebaliknya.
Jika anda menghendaki kehamilan, waktu terbaik
untuk berhubungan intim adalah 1-2 hari sebelum
ovulasi dan pada saat terjadinya ovulasi. Dengan
ini, sp3rma akan dilepaskan ke dalam Vgna dan
berjalan menuju tuba falopi untuk membuahi sel
telur pada saat yang tepat. Masa ini merupakan
moment terbaik untuk terjadinya pembuahan
sehingga memaksimalkan kesempatan anda untuk
hamil.
Proses ovulasi dimulai dari dilepaskannya sebuah
hormon dari dalam otak yang disebut dengan
Luteinizing Hormone (LH). Kadar hormon ini
meningkat secara drastic di dalam darah dan urin
sesaat sebelum ovulasi.
LH memicu pelepasan sel telur yang telah matang
dari dalam ovarium yang kemudian bergerak
menuju tuba falopi untuk dibuahi. Jika sel telur
tersebut tidak dibuahi, maka sel telur tersebut
akan mati dan luruh bersama dengan dinding rahim
pada awal siklus menstruasi.
1 5 1