Jawabanmu

2014-09-08T20:28:00+07:00
Abstrak => merupakan bagian yang mengandung inti atau ringkasan cerita. Bagian ini bersifat opsional, sehingga bisa saja suatu cerpen tidak melalui tahapan ini. Namun alangkah baiknya suatu cerpen jika memiliki tahap Abstrak ini.Orientasi
Orientasi => merupakan bagian struktur yang menceritakan struktur yang menceritakan latar yang berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana di dalam cerpen. Latar digunakan oleh pengarang untuk menghidupkan ceritanya sehingga lebih berkesan kepada pembaca. Selain itu tokoh dan penokohan juga mulai tergambar pada tahap ini.
Komplikasi => adalah urutan kejadian yang saling berhubungan dan berkaitan secara sebab-akibat. Pada tahap ini kerumitan dan masalah mulai bermunculan, peristiwa yang satu disebabkan atau menyebabkan peristiwa lainnya. Selain itu, tahap ini akan mengungkit karakter atau watak pelaku yang ditafsirkan memiliki kualitas moral dan kecenderungan tertentu dan hal itu diekspresikan dalam tndakan dan ucapan tokoh.Berbagai konflik akan bermunculan dan mengarah pada sebuah klimaks, yaitu konflik mencapai tingkat intensitas tertinggi. Klimaks merupakan keadaan yang akan mempertemukan berbagai konflik dan menentukan bagaimana konflik itu bisa terselesaikan.
Evaluasi => merupakan tahapan setelah terjadi klimaks, yang menuntun pembaca menemukan pemecahan masalah dari konflik dalam cerita.
Resolusi => merupakan tahap di mana pengarang akan mengungkapkan solusi dari berbagai konflik yang dialami tokoh. Hal ini biasa berisi kejutan-kejutan bagaimana masalah itu bisa terselesaikan.
Koda => ialah tahap terakhir yang berupa opsional, yang mengandung nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks. Karena sifatnya yang opsional sehingga bisa saja pada suatu cerpen tidak terdapat tahap ini.
tapi kalau abstrak ,orientasi,komplikasi,evaluasi,resolusi,koda yang ada dalam cerpen "sulaiman pergi ke tanjung cina apa yahk bisa jawabga soalnya agak susah bedainya kata"nya puitiss gituh
di baca saja dulu
udah di baca berulang ulang tapi baru dapet koda ma abstraknya doang tpi maksh yahk udah ngejawab pertnyannya :)
minta jawaban dari komplikasi,evaluasi dan resolusi dari cerpen orang miskin yang bahagia? ada yg bisa ngebantuin gak? tolong ya :-)